Mi Basah Mengandung Bahan Pengawet Mayat Ditemukan di Karanganyar

Andy Kurniawan    •    Kamis, 28 May 2015 13:21 WIB
makanan berbahaya
Mi Basah Mengandung Bahan Pengawet Mayat Ditemukan di Karanganyar
Petugas gabungan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menemukan banyak dagangan mi mengandung zat yang biasa digunakan sebagai pengawet mayat ini dalam sidak jelang bulan puasa, Kamis (28/5/2015) siang di pasar tradisional. Foto: Andy Kurniawan

Metrotvnews.com, Karanganyar: Penjualan mi basah yang mengandung zat pengawet, formalin, masih marak ditemukan di pasar tradisional. Buktinya, petugas gabungan Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menemukan banyak dagangan mi mengandung zat yang biasa digunakan sebagai pengawet mayat ini dalam sidak jelang bulan puasa, Kamis (28/5/2015) siang.

“Sidak ini memang digelar untuk mengawasi peredaran makanan berbahaya maupun kadaluwarsa, yang memang marak dijual menjelang Ramadan,” ujar salah seorang petugas Dinas Kesehatan Karanganyar, Elizabeth Kusumaningtyas, Kamis.

Inspeksi mendadak ini digelar oleh tim gabungan Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Kabupaten Karanganyar di Pasat Tradisional Colomadu, Karanganyar.

Pada sidak tersebut, petugas memeriksa beberapa sampel makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya seperti boraks, formalin maupun pewarna tekstil. Petugas mengambil beberapa sampel makanan yang dicurigai karena warnanya yang terlalu mencolok ataupun karena teksturnya yang aneh.

“Sampel tersebut kemudian langsung kami uji di kantor lurah pasar. Dari hasil uji kimia ini, petugas mendapati mi basah yang mengandung formalin. Kandungan formalin tampak dari warna mi yang berubah menjadi ungu setelah dilakukan uji kimia,” ujarnya.

Menurut petugas, penggunaan formalin sangat berbahaya bagi kesehatan karena zat ini lazimnya digunakan sebagai pengawet mayat. Petugas akan melaporkan temuan ini ke dinas terkait termasuk kepolisian untuk mengusut produsen mi berformalin ini.

Baca juga: Pabrik Kikil Diduga Dicampur Cairan Pemutih Digerebek


(BOB)

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

Lokasi Sidang Praperadilan Novanto Dijaga Ketat

34 minutes Ago

Tak sembarang orang bisa masuk ke lokasi sidang praperadilan Ketua  DPR Setya Novanto itu.…

BERITA LAINNYA