Kisruh Kemenpora vs PSSI

Jusuf Kalla: Putusan PTUN Otomatis Cabut SK Menpora

Alfa Mandalika    •    Kamis, 28 May 2015 13:44 WIB
kisruh pssi
Jusuf Kalla: Putusan PTUN Otomatis Cabut SK Menpora
Jusuf Kalla. (Foto: MI/ Panca Syurkani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memutuskan untuk menunda pemberlakuan SK Menpora Nomor 01307.  Meski begitu, Menpora Imam Nahrawi belum mencabut SK Pembekuan kepada PSSI. Tidak ayal, sampai saat ini kompetisi Liga Indonesia belum bisa digelar.

Menanggapi sikap Menpora, Wakil Presiden Jusuf Kalla justru mengatakan keputusan PTUN secara otomatis membatalkan SK Menpora terhadap penonaktifan kegiatan PSSI.

"Sebenarnya (SK Menpora) itu otomatis tercabut sendiri dengan putusan PTUN. Jadi, dicabut atau tidak dicabut sama saja sebenarnya, karena secara hukum tidak berlaku, ditangguhkan," kata Jusuf Kalla di kantor Wakil Presiden Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Pria yang akrab disapa JK itu mengatakan seharusnya kegitan PSSI dapat kembali berjalan seperti sedia kala, "Karena kan hukum yang tertinggi bukan SK, jadi (SK Menpora) tidak berlaku secara hukum," kata JK.

Awal pekan, majelis hakim PTUN Jakarta Timur memutuskan penundaan pemberlakuan SK Menpora Nomor 01307 Tahun 2015 tentang Pengenaan Sanksi Administratif berupa Kegiatan PSSI Tidak Diakui. (Baca: Surat Pembekuan Dicabut, Otomatis Gugatan Juga Dicabut)

"Menetapkan, satu, mengabulkan permohonan penggugat. Dua, meminta tergugat untuk menunda sementara keberlakuan SK Menpora Nomor 01307 tanggal 17 April 2015," kata Hakim Ketua Ujang Abdullah saat membacakan putusan sela di Jakarta, Senin (25/5).

Hakim memutuskan mempertimbangkan fakta mengenai berhentinya kompetisi sepak bola seperti ISL, Divisi Utama, Divisi Satu dan seterusnya dan akan mengakibatkan kerugian besar terhadap PSSI dan PT Liga Indonesia. Selain itu hakim juga mempertimbangkan kelangsungan ekonomi pemain, pelatih, ofisial, wasit, dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan pertandingan sepak bola bisa terhenti.

"Pemain, pelatih, wasit akan kehilangan finansial, begitu juga masyarakat yang hidup di sepak bola," jelas hakim.

Hakim juga mempertimbangkan adanya sanksi FIFA yang akan dikenakan pada Indonesia dengan larangan berlaga di ajang internasional pada tanggal 29 Mei 2015. Kuasa hukum PSSI meminta majelis hakim untuk menunda keberlakuan SK Menpora nomor 01307 selama persidangan pokok perkara berlangsung. (Ant)

 


(ASM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

23 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA