Pelonggaran LTV Dorong Penyaluran Kredit BRI

Antara    •    Kamis, 28 May 2015 14:30 WIB
bri
Pelonggaran LTV Dorong Penyaluran Kredit BRI
BRI (FOTO ANTARA/Rani)

Metrotvnews.com, Manado: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memperkirakan, rencana Bank Indonesia (BI) yang akan melonggarkan aturan loan to value (LTV) dapat meningkatkan pertumbuhan penyaluran kredit. Hal ini berkaitan erat dengan masyarakat yang sering terkendala dengan penetapan uang muka.

"Pelonggaran ketentuan LTV atau nilai penjaminan kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) mampu meningkatkan penyaluran kredit perbankan," kata Kepala Sentra Kredit Konsumer BRI Wilayah Manado Sumarno, di Manado, Kamis (28/5/2015).

Sumarno menjelaskan, semenjak ada aturan tersebut, nasabah mulai mengalami kendala untuk mengambil kredit. "Karena uang muka sebesar 30 persen, sehingga rencana mengambil kredit rumah dan kendaraan terhalang. Padahal, sebenarnya masyarakat mampu membayar angsurannya," jelasnya.

Dia mengharapkan, pelonggaran LTV ini mampu meningkatkan kredit ke masyarakat. "Namun, kami penuh dengan kehati-hatian dan selektif dalam menyalurkan kredit meskipun telah memiliki kemudahan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulut Luctor Tapiheru tak memungkiri pelonggaran tersebut akan semakin meningkatkan keinginan masyarakat untuk membeli properti dan kendaraan.

"Tetapi sejauh ini belum ada kepastian mengalami penurunan hingga berapa persen," pungkasnya.


(ABD)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

16 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA