Serangan Udara Koalisi Arab Tewaskan 80 Orang

Willy Haryono    •    Kamis, 28 May 2015 14:39 WIB
konflik yaman
Serangan Udara Koalisi Arab Tewaskan 80 Orang
Warga memeriksa kawah yang tercipta akibat serangan udara di Sanaa, Yaman, 27 Mei 2015. AFP / MOHAMMED HUWAIS

Metrotvnews.com, Kairo: Serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi menewaskan sedikitnya 80 orang di daerah perbatasan dan ibu kota Yaman, Rabu (27/5/2015). 

Saksi mata menyebut serangan ke area Bakeel al-Meer di provinsi Hajjah yang berbatasan dengan Arab Saudi menewaskan 40 orang. Sebagian besar korban adalah warga sipil. 

"Pemberontak Houthi menyerang tentara Saudi di perbatasan, tapi pesawat koalisi gagal menghantam mereka, dan justru mengenai warga sipil," ujar seorang warga kepada Reuters via telepon.

Beberapa jam kemudian, serangan udara berlanjut di kawasan Sabaaeen, Sanaa. "Sekitar 40 orang tewas dan 100 lainnya terluka," lapor kantor berita Saba.

Seorang tentara Yaman yang selamat dari serangan udara menyebutkan misil jet tempur mengenai sebuah gudang senjata. "Kami belum dapat memastikan ada berapa orang yang tewas," sebut dia. 

"Ada banyak orang di pintu masuk gudang. Ada yang mengambil senjata, ada juga petani, koki. Dua misil menghantam hampir bersamaa. Gudang ini benar-benar hancur," tambah dia. 

Senin kemarin, pasukan loyalis presiden dan pemberontak Yaman bertempur hebat setelah PBB menunda dialog damai untuk mencari solusi politik terkait konflik berdarah tersebut. 

Pertempuran meletus di kota Taez, yang semakin memanas saat pemberontak Houthi menggempur beberapa distrik dengan roket dan tembakan tank baja. 


(WIL)