KPK Belum Berpikir Laporkan Haswandi ke KY

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 28 May 2015 15:04 WIB
praperadilan
KPK Belum Berpikir Laporkan Haswandi ke KY
Hakim Haswandi----MI/Barry Fatahillah

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum berpikir melaporkan Haswandi ke Komisi Yudisial. KPK saat ini masih berupaya di jalur hukum untuk melawan putusan Haswandi.

"Belum mempertimbangkan tentang masalah etik hakim (Haswandi) ke KY. KPK sebatas melakukan perlawanan hukum saja," kata pelaksana tugas KPK Indriyanto Seno Adji dalam pesan singkat, di Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Sebelumnya, Kepala Humas PN Jaksel Made Sutrisna menyangsikan upaya hukum KPK. Menurut Sutrisna, KPK sudah tak punya upaya hukum lain selain taat. Sebab, peninjauan kembali terhadap putusan Haswandi hanya bisa dilakukan jika terjadi indikasi penyelundupan hukum.

"Tidak bisa lagi (banding). Putusan praperadilan sudah final dan mengikat, kecuali PK (peninjauan kembali). Tapi itu kalau ada indikasi penyelundupan hukum," jelas Sutrisna, kemarin.

Selasa lalu, KPK kembali kalah dalam sidang praperadilan. KPK diputus untuk membatalkan surat perintah penyidikan terhadap Hadi Poernomo. Tak hanya itu, Haswandi juga menyatakan tidak sahnya penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan KPK karena penyelidik dan penyidik KPK bukan berasal dari institusi Polri maupun Kejaksaan sesuai Pasal 33 ayat 4 UU KPK.


(TII)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA