Menkes: Hidup Sehat Harus Dimulai Tanpa Rokok

Dheri Agriesta    •    Kamis, 28 May 2015 15:22 WIB
kesehatanrokok
Menkes: Hidup Sehat Harus Dimulai Tanpa Rokok
Menkes Nila Moeloek. (Foto:Antara/Darwin Fatir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsumsi rokok menjadi perhatian serius di dunia kesehatan, mengingat jumlah perokok usia muda yang terus meningkat tajam. Kementerian Kesehatan terus melancarkan kegiatan untuk mengendalikan konsumsi produk tembakau seperti rokok

Angka perokok muda khususnya perempuan semakin mengkhawatirkan di Indonesia. Tahun 2013, setidaknya 6,3 juta perempuan Indonesia dengan usia lebih dari 15 tahun tercatat sebagai perokok aktif.

Nila menyebut, iklan yang gencar dilakukan industri rokok membuat banyak generasi muda tertarik untuk mengonsumsi rokok itu. Oleh karena itu, Kemenkes pun mencoba melawan hal itu dengan penguatan pelayanan kesehatan primer dan intervensi berbasis risiko kesehatan.

"Berbagai upaya untuk mencegah dan mengendalikan konsumsi tembakau telah dilakukan. Salah satunya dengan menetapkan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)," kata Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam sambutannya di Indonesia Conference on Tobacco or Health, Hotel Kartika Candra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

KTR telah diberlakukan di fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, tempat ibadah, dan angkutan umum. Selain itu, Kemenkes juga telah berupaya menggunakan iklan layanan masyarakat untuk mengimbau masyarakat menjalani kehidupan tanpa rokok.

Hal ini dilakukan karena rokok merupakan salah satu faktor penyebab penyakit tidak menular. Tercatat, 71 persen dari total kematian di Indonesia tahun lalu disebabkan penyakit tak menular.

"Kita harus memulai dengan perilaku sehat, dengan tidak merokok dan tidak minum alkohol," tandas dia.

Nila mengharapkan dukungan stakeholder dan mitra kesehatan untuk mendukung upaya yang dilakukan Kemenkes tersebut. Upaya itu, kata dia, seperti pengendalian tembakau, melakukan advokasi dalam melindungi masyarakat dari dampak buruk kesehatan akibat konsumsi tembakau, dan panutan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga, lingkungan, dan masyarakat.


(LOV)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

23 minutes Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA