Tol Jabotabek Padat, Jasa Marga Minta DPR Dukung Pengembangan Sistem Jaringan Tol

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 28 May 2015 15:31 WIB
jalan tol
Tol Jabotabek Padat, Jasa Marga Minta DPR Dukung Pengembangan Sistem Jaringan Tol
Kemacetan jalan tol. MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Adityawarman mengatakan, kemacetan yang terjadi di ruas tol Dalam Kota Jabodetabek sudah membuat jalan bebas hambatan tersebut layaknya tempat parkir terpanjang.

"Sekarang ini jalan tol sudah menjadi tempat parkir terpanjang," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI, di Gedung Nusantara I, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Bahkan menurut dia, ruas tol TB Simatupang di Jakarta Selatan sudah terlalu padat, sehingga membutuhkan sistem jaringan tol baru untuk mengembalikan fungsi jalan tol sebagai jalan bebas hambatan. "Sekarang ini visi rasio jalan tol di Jabotabek sebesar 0,8 persen," tutur dia.

Untuk itu dia meminta agar DPR ikut berperan serta dalam membantu pengembangan sistem jaringan jalan tol di Jabotabek yang sekarang ini sudah tidak lagi ideal menanggung banyaknya kendaraan. "Kami berharap DPR bisa membantu pengembangan sistem jaringan tol yang sekarang ini sudah sangat padat," pungkasnya.

Selain itu,  Adityawarman juga berharap dengan pembangunan jaringan tol lingkar luar kedua atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 dapat membantu mengurangi kepadatan volume kendaraan yang selama ini terjadi di Jabotabek.


(WID)