Demi Pilkada, Menkumham Sarankan Golkar Bentuk Pengurus Sementara

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 28 May 2015 16:31 WIB
pilkada serentak
Demi Pilkada, Menkumham Sarankan Golkar Bentuk Pengurus Sementara
Menkumham Yasonna Laoly--Metrotvnews.com/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Golkar disarankan dapat membentuk kepengurusan sementara agar dapat ikut serta dalam Pilkada Serentak 2015. Kepengurusan ini dibentuk sebelum Partai Golkar menetapkan kembali kepengurusan tetapnya seusai melakukan pendaftaran Pilkada.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly mengatakan langkah ini dapat menjadi opsi Partai Golkar dalam menjalankan islah, agar tetap bisa eksis di Pilkada 2015.

"Kalau pun menuju Munas, sebaiknya ada pengurus sementara dalam islah. Kemudian disepakati Munas dilakukan sesudah pendaftaran pilkada langsung," kata Yasonna, di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Kepengurusan sementara itu nantinya dapat didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM atas kesepakatan dari kedua kubu yakni kubu Aburizal Bakrie (Ical) dan kubu Agung Laksono. Dalam kesepakatan itu, ditentukan pula siapa yang menjadi pengurus sementara, termasuk ketua umum sementaranya.

Namun dengan catatan Partai Golkar tetap harus menjalankan Musyawarah Nasional (Munas) ulang, untuk menentukan pengurusan dan ketua umum tetap. Setelah, Partai Golkar terdaftar di KPU sebagai peserta Pilkada, pada Juli. "Dengan catatan, pada bulan tujuh atau bulan delapan, Munas kembali dilakukan. Ini solusi," ujar dia.


(YDH)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA