Buya Syafii Mengaku tak Kenal 9 'Srikandi' Pansel KPK

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 28 May 2015 16:32 WIB
pansel kpk
Buya Syafii Mengaku tak Kenal 9 'Srikandi' Pansel KPK
Ahmad Syafii Maarif. Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Begawan antikorupsi, Ahmad Syafii Maarif, mengaku tak mengenal semua perempuan anggota Tim Panitia Seleksi Komisioner KPK.

"Saya tidak kenal. Tapi, masyarakat layak memberi kesempatan mereka untuk bekerja. Bisa jadi kualitas para perempuan ini lebih tinggi dari laki-laki," kata mantan ketua Tim 9 pencari solusi perdamaian KPK-Polri ini, ditemui usai mengisi acara di Universitas Negeri Yogyakarta, Kamis (28/5/2015).

Buya Syafii mengaku terkejut dengan pilihan Presiden Joko Widodo yang memilih sembilan perempuan untuk mencari komisioner KPK. "Memang tak terduga dan menjadi kejutan," katanya.

Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah ini berharap para Srikandi itu bisa menemukan komisioner KPK yang bertipe petarung.

"Harus menemukan petarung sejati. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi untuk bangsa dan negara," kata Buya.

Menurutnya, tugas pemberantasan korupsi ke depan semakin berat. Terlebih, KPK seolah menjadi lembaga yang berdiri sendiri memberantas korupsi.

Menurutnya, bangsa Indonesia masih memiliki banyak orang yang bisa meneruskan perjuangan KPK. "Kita punya banyak potensi untuk itu," ujarnya.

Presiden mengumumkan sembilan Srikandi Pansel KPK pada Kamis, 21 Mei lalu. Mereka adalah Destri Damayanti(Ketua merangkap anggota); Enny Nurbaningsih (Wakil Ketua merangkap anggota); Harkristuti Harkrisnowo; Betty Alisjahbana; Yenti Garnasih; Supra Wimbarti; Natalia Subagyo; Diani Sadiawati; dan Meuthia Ganie.
 


(UWA)