Kabin Pesawat Berubah Jadi Sauna, Penerbangan Dibatalkan

Willy Haryono    •    Kamis, 28 May 2015 16:41 WIB
peristiwa unik
Kabin Pesawat Berubah Jadi Sauna, Penerbangan Dibatalkan
Seorang pramugari menyajikan makanan di tengah merebaknya uap panas di dalam kabin sebuah pesawat di Bandara Shenzhen, Tiongkok. Mirror/ CEN

Metrotvnews.com, Shenzhen: Penumpang sebuah pesawat komersial di Tiongkok dikagetkan uap panas yang tiba-tiba muncul dan memenuhi seluruh isi kabin, sesaat sebelum lepas landas. 

Kru pesawat berusaha menenangkan penumpang, dan mengatakan kejadian aneh ini disebabkan tingkat kelembapan tinggi dari hujan di Bandara Internasional Shenzhen Bao'an. 

Menurut laporan situs People's Daily, puluhan penumpang mulai mengambil gambar dan menaruhnya di media sosial. Terdapat sebuah foto yang memperlihatkan pramugari bekerja di tengah uap tebal. 

"Di luar hujan, dan di dalam kabin sudah seperti sauna," ucap seorang penumpang di sebuah media sosial, seperti dilansir Mirror.co.uk, Rabu (27/5/2015). 

"Mereka bilang ini disebabkan kelembapan yang sangat tinggi, sehingga pendingin ruangan pesawat menarik kelembapan dari udara luar," sambung dia. 

Meski kru pesawat sudah berusaha keras, penumpang akhirnya dievakuasi karena uap panas tetap memenuhi kabin. 

Juru bicara Departemen Pemeliharaan Maskapai Tiongkok Qiu Hixe menduga fenomena itu diakibatkan kabin pesawat yang kedap udara, sehingga menjadikan kelembapan di dalam semakin parah. 

"Dalam situasi normal, saat tidak terlalu lembap, uap akan menghilang sebelum udara dingin memasuki kabin," tutur Xihe. 

"Kendati begitu, kondisi ini masih normal. Setiap tahun selama musim hujan, sejumlah maskapai akan mengalaminya. Ini tidak akan memengaruhi keselamatan penerbangan," tambah dia.


(WIL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA