Berkunjung ke Site Alas Tuo, Salah Satu BTS Utama XL Penghubung Jawa dan Bali

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 28 May 2015 16:44 WIB
xl
Berkunjung ke Site Alas Tuo, Salah Satu BTS Utama XL Penghubung Jawa dan Bali
Site Alas Tuo berlokasi di Kabupaten Semarang.

Metrotvnews.com: Dalam acara uji coba jaringan jalur mudik, XL mengajak para jurnalis untuk berkunjung ke salah satu Base Transceiver Station (BTS) utama di provinsi Jawa Tengah. XL menyebutnya dengan Site Alas Tuo, yang berlokasi di Kabupaten Semarang.

Site Alas Tuo adalah BTS inti yang menghubungkan transmisi jaringan XL antara Jawa-Bali. "Ini adalah BTS yang harus terus hidup 24 jam non-stop untuk menjamin kelancaran transmisi jaringan XL," kata Solo-Semarang, VP Service and Partnership Management XL, I Gede Darmayusa. Dia menambahkan, site Alas Tuo juga mendukung transmisi jaringan operator lain (interkoneksi).

Pihak XL juga memamerkan berbagai perangkat yang digunakan untuk transmisi jaringan, baik dengan jenis konektivitas 2G atau 3G.

BTS Alas Tuo mendukung koneksi jaringan secara nirkabel dan serat optik. Untuk serat optik, mereka memasang kabelnya di bawah rel kereta api yang berada tepat di belakang BTS. Site ini memiliki tinggi 30 meter dengan jangkauan sinyal hingga 1 kilometer. Menurut pihak XL, biaya pembangunan BTS ini mencapai Rp2 miliar.


(ABE)