3 BUMN Bersinergi, Cadangan BBM Pertamina Bertambah Jadi 30 Hari

Husen Miftahudin    •    Kamis, 28 May 2015 16:52 WIB
bbm
3 BUMN Bersinergi, Cadangan BBM Pertamina Bertambah Jadi 30 Hari
Ilustrasi. ANTARA/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dalam kerangka sinergi antarperusahaan negara merupakan suatu upaya dalam pengembangan dan pemanfaatan infrastruktur bahan bakar minyak (BBM) bagi transportasi laut.

Menurut dia, kerja sama tiga perusahaan pelat merah tersebut juga memberikan manfaat satu sama lain. Keuntungan bagi Pertamina sendiri, sebut dia, dapat meningkatkan cadangan bahan bakar minyak (BBM) selama 30 hari dari cadangan BBM yang ada saat ini hanya selama 18 hari.

"Ini sesuai dengan program pemerintah yang ingin memiliki cadangan (BBM) hingga 30 hari. Jadi untuk mempercepat stok, kita memanfaatkan sinergi (antarperusahaan) BUMN," ujar Rini ditemui usai penandatangan kerja sama antar BUMN di kantor pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat, Kamis (28/5/2015).

Kerja sama tiga perusahaan milik negara itu, kata Rini, untuk membangun tempat penyimpanan BBM atau storage facilities di pelabuhan milik Pelindo II yang ada di New Priok, Kalibaru. Pembangunan tempat penyimpanan BBM itu merupakan upaya untuk mendekatkan stok dengan pemakai BBM seperti ASDP Indonesia Ferry.

"Kalau yang sudah saya jelaskan, penandatanganan Pelindo II dengan Pertamina dan ASDP itu sehubungan dengan storage facilities di Kali Baru, pelabuhan milik ASDP. Dengan sinergi ini akan menjadikan tugas Pertamina lebih mudah dibandingkan dengan apabila harus disediakan sendiri. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mendorong kerja sama ini dapat dilakukan dengan perusahaan BUMN lainnya," pungkas Rini.


(WID)

KPK Diminta Hati- hati dengan Fitnah Nazaruddin

KPK Diminta Hati- hati dengan Fitnah Nazaruddin

39 minutes Ago

Tridianto mengatakan, sejak kasus Hambalang menguak, Nazaruddin dianggap kerap memfitnah Anas.&…

BERITA LAINNYA