KPK Usut Keterlibatan Kementan

   •    Rabu, 13 Feb 2013 20:07 WIB
KPK Usut Keterlibatan Kementan

Antara/Yudhi-Mahatma/cs

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Sekretaris Menteri Pertanian Baran Irawan sebagai saksi bagi tersangka Luthfi Hasan Ishaaq, Rabu (13/2). Baran diperiksa selama hampir delapan jam.

Juru bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, komisi antisuap sedang menelusuri keterlibatan Kementan dalam kasus ini. KPK terus mengembangkan kasus yang menyeret mantan Presiden PKS Luthfi.

Luthfi diduga memperdagangkan pengaruhnya sebagai Presiden PKS kala itu untuk mengurus kuota impor. Modus memperdagangkan pengaruh ini erat kaitannya dengan jabatan Mentan Suswono yang notabene berasal dari PKS. "Kami sedang menelusuri modusnya dan ada beberapa keterangan yang harus dikroscek dengan Kementan," kata Johan.

Johan memastikan KPK segera memeriksa Suswono sebagai saksi. "Namun saya belum tahu jadwalnya."

Selain memeriksa Baran, KPK juga memanggil saksi lainnya yakni Jerry Roger dan Nurhasan dari pihak swasta. KPK juga memeriksa Ahmad Fathanah sebagai tersangka.

Dalam pemeriksaan sebelumnya, KPK telah memanggil Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro dan Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner dan Pasca Panen Kementerian Pertanian Ahmad Junaedi. Keduanya diperiksa sebagai saksi bagi Luthfi Hasan Ishaaq.

Rasuah ini terungkap saat KPK menangkap Fathanah di Hotel Le Meredien, Selasa, 29 Januari. Fathanah diduga disuap dua petinggi PT Indoguna Utama Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. KPK menduga penyuapan terkait dengan kuota pengurusan impor daging sapi di Kementerian Pertanian. (PL/Tii)