RA Sulit Dijerat UU ITE

Arga sumantri    •    Kamis, 28 May 2015 17:13 WIB
prostitusi online
RA Sulit Dijerat UU ITE
RA alias Obi. Foto: Reno Esnir/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: RA alias Obi, tersangka mucikari yang melibatkan artis dan model diduga menggunakan aplikasi pesan singkat untuk menjajakan para 'anak asuh' nya. Namun demikian, polisi kesulitan menjerat RA dengan UU ITE.

"Sejauh ini kita masih belum bisa menerapkan UU ITE, karena unsur pelanggaran UU ITE belum terpenuhi. Kita masih gunakan KUHP," kata Wakapolres Jakarta Selatan, AKBP Surawan saat ditemui di Mapolres Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Sebab, menurut Surawan, transaksi lewat telepon genggam belum diatur dalam UU ITE.  "Kalau misalnya mempertontonkan gambar-gambar tidak senonoh, itu kan ada (di UU ITE). Tapi kalau sejauh komunikasi tidak masalah," terangnya.

Hingga kini, pemeriksaan penyidik atas RA belum juga rampung. Polisi pun masih menutup rapat identitas saksi-saksi yang dihadirkan, termasuk identitas saksi yang baru saja dipanggil dua hari lalu artis inisial TM.

Terhitung sudah hampir tiga pekan RA ditahan di Polres Jakarta Selatan. Polisi pun tengah menyiapkan surat perpanjangan penahanan terhadap RA.

"Kita punya waktu 21 hari, kalau masih kurang, penyidik sudah siapkan surat perpanjangan penahanan," beber Surawan.


(KRI)