BI Pangkas Target Pertumbuhan Ekonomi 2015 Jadi 5,1%

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 28 May 2015 17:15 WIB
pertumbuhan ekonomi
BI Pangkas Target Pertumbuhan Ekonomi 2015 Jadi 5,1%
Ilustrasi. MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Bank Indonesia (BI) kembali memberikan koreksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 hanya akan mencapai level 5,1 persen. Angka ini tentunya lebih rendah dibanding prakiraan pemerintah 5,4 persen.

"Namun angka ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo dalam Rapat Kerja Badan Anggaran DPR bersama Menteri Keuangan, Menteri PPN, dan Gubernur BI, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015).

Menurut Agus, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II diperkirakan akan mencapai 4,9 persen, kuartal III sebesar 5,3 persen, dan kuartal IV 5,4 persen.

"Peningkatan kuartal kedua lebih didorong oleh konsumsi pemerintah dan investasi bangunan sejalan dengan pembangunan proyek infrastruktur," ujar Agus.

Selain itu pertumbuhan ekspor juga diperkirakan akan tumbuh positif, meski memang akan tertahan karena lemahnya harga komoditas masih berlanjut. Untuk kuartal III dan IV, lanjut Agus juga akan didukung oleh keberlanjutan konsumsi dan investasi, realisasi fiskal pemerintah, dan juga relalisasi kredit perbankan.

"Peningkatan penyaluran kredit masyarakat diharapkan mampu mendorong konsumsi rumah tangga," pungkas dia.


(WID)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

5 minutes Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA