Buaya di Kali Porong Diduga Mencari 'Rumah' Baru

Amaluddin    •    Kamis, 28 May 2015 17:56 WIB
lingkungan
Buaya di Kali Porong Diduga Mencari 'Rumah' Baru
Kali Porong menjadi tempat dialirkan lumpur Lapindo di Sidoarjo, MI/ Heri Susetyo

Metrotvnews.com, Surabaya: Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur (Jatim) turut prihatin dengan kemunculan buaya di di Kali Porong, Sidoarjo. Walhi menduga buaya muncul terkait dengan lumpur Lapindo yang meluber di Sidoarjo.

"Apakah buaya itu karena dampak lumpur apa buaya itu cari rumah baru. Yang jelas itu harus ada riset (penelitian). Nah, sekarang pertanyaannya adalah apakah ada kali lain selain Kali Porong itu?" ujar Direktur Eksekutif Walhi Jatim, Ony Mahardika, di Surabaya, Jatim, Kamis (28/5/2015).

Kali Porong merupakan terusan Sungai Brantas. Kini, Kali Porong menjadi tempat pembuangan lumpur panas Lapindo.

Ony menduga pembuangan lumpur merusak ruang hidup buaya. Sehingga buaya-buaya bermigrasi mencari tempat baru.

"Urusannya tidak hanya soal lingkungan buaya yang dirusak, tapi petambak juga terdampak langsung termasuk nelayan Selat Madura. Dari dulu juga ada buaya di Kali Porong, cuma jarang-jarang muncul. Kebetulan kemarin banyak buaya muncul," katanya.

Ony menegaskan semburan Lapindo mengakibatkan kerusakan lingkungan. Tak hanya menenggelamkan ribuan rumah dan lahan pertanian, lumpur juga berdampak pada keseimbangan lingkungan, sosial, dan budaya.

Ia mengaku telah berulang kali mengingatkan pemerintah terkait kerusakan tersebut. Ia pun meminta pemerintah melakukan riset terhadap dampak lumpur.


(RRN)