Emil: Reformasi Birokrasi tak Sekadar Ganti Kepala Dinas

Roni Kurniawan    •    Kamis, 28 May 2015 18:43 WIB
birokrasi
Emil: Reformasi Birokrasi tak Sekadar Ganti Kepala Dinas
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Antara/Irwansyah Putra

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil alias Emil terlihat kecewa dengan survei yang dilakukan Universitas Padjadjaran, kemarin.

Survei yang dilansir Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung bersama Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSID) itu menyebutkan kalau kinerja Emil-Oded merosot hingga 20 persen di mata publik.

Menanggapi hal itu, Emil menjelaskan bahwa reformasi birokrasi bukan berarti mengubah formasi pemerintahan.

"Reformasi birokrasi itu tidak harus ganti-ganti kepala dinas. Tapi, bagaimana caranya mewujudkan pelayanan kepada warga agar lebih baik. Kalau tahun kemarin kadisnya kurang baik, ya, kita kasih kesempatan tahun ini supaya baik. Itu juga merupakan reformasi birokrasi," ujar Emil, di Kantor BPPT Kota Bandung, Kamis (28/5/2015).

Menurutnya, reformasi birokrasi Kota Bandung saat ini berjalan baik. Kota Bandung, kata dia, sudah mendapatkan tiga penghargaan dari KPK untuk kategori antikorupsi serta perubahan rapor dari Ombusdman. Menurutnya, data fakta tersebut pun merupakan bagian dari reformasi birokrasi.

"Apakah Ombudsman dan KPK tidak ilmiah? Sangat ilmiah karena menggunakan parameter yang jelas. Fakta itu membuktikan (penilaian) bukan hanya persepsi dan kritik yang tidak berbasis fakta," jelasnya.
 


(UWA)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

2 hours Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA