Sudirman Said: Saya Jangan Dituding-tuding!

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 28 May 2015 23:24 WIB
petral
Sudirman Said: Saya Jangan Dituding-tuding!
Menteri ESDM Sudirman Said. FOTO: Antara/ANDIKA WAHYU

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said buka suara mengenai beberapa tudingan-tudingan miring atas dirinya. Salah satunya adalah tudingan dirinya mendapat gratifikasi di Singapura.

"Saya jangan dituding-tuding deh!" tegas Sudirman, di Gedung PLN Pusat, Jalan Trunojoyo I Blok M, Jakarta, Kamis (28/5/2015).

Sudirman menceritakan bahwa dirinya tidak memakai pesawat jet pribadi, melainkan pesawat carter karena tidak ada rute dari Singapura menuju Lhokseumawe.

"Hari itu saya sedang meeting di Singapura. Kemudian Pertamina meminta hadir bersama presiden di acara peresmian di (LNG) Arun. Saya kira sebagian dari kalian (wartawan) juga ada di sana. Kan tidak ada penerbangan dari Singapura ke Lhokseumawe dong. Kemudian, itu bukan jet pribadi, melainkan pesawat carter," jelas dia.

Dia menambahkan, dirinya memakai pesawat itu karena untuk keperluan mendesak. "Itu bukan jet pribadi, melainkan pesawat carter. Biasa itu kalau keadaan mendesak, urgensinya ada, ya diberikan sarana transportasi," ungkap dia.

Menurutnya, sarana transportasi yang diberikan itu adalah murni sarana transportasi serta bukan gratifikasi. Dia mengatakan, sesuatu hal yang disebut gratifikasi adalah jikalau dibawa pulang.

"Ya diberikan sarana transportasi. Kebetulan yang undang Pertamina, yang menyiapkan Pertamina. Gratifikasi itu kalau saya bawa pulang itu barang. Pribadinya dapat manfaat, itu kan saya sedang bekerja," jelas dia.

Dia pun mempertanyakan mengapa dilaporkan mendapat gratifikasi, dan menuntut bukti-buktinya. "Kemudian setelah selesai saya balik karena rapatnya belum selesai, saya balik ke Singapura, baliknya naik pesawat Pelita. Jadi gratifikasinya di mana saya tidak tahu," tutup dia.


(AHL)