Kasus Korupsi Pejabat FIFA

PSSI Dikhawatirkan Bisa Ikuti Jejak FIFA

Patrick Pinaria    •    Jumat, 29 May 2015 00:05 WIB
pssi
PSSI Dikhawatirkan Bisa Ikuti Jejak FIFA
Kantor PSSI di Senayan, Jakarta (MTVN / Hilman Haris)

Metrotvnews.com, Jakarta: Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) sedang terjerat masalah. Pada Selasa 26 Mei, sembilan anggota FIFA, ditangkap oleh Kepolisian Federal Amerika Serikat (FBI) karena diduga terlibat korupsi. Gara-gara kejadian ini, pengamat sepak bola Indonesia, Budiarto Shambazy cemas kasus serupa berpotensi terjadi di Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Sembilan penjabat FIFA ditangkap FBI setelah diduga terlibat melakukan korupsi, penyuapan, dan penipuan. Kabarnya, kesembilan  orang itu sudah melakukan kejahatan tersebut selama 20 tahun terakhir. 

"Saya khawatir PSSI juga melakukan hal serupa. Pasalnya selama ini mereka (PSSI) mendewa-dewakan FIFA. PSSI juga selalu berbicara soal statuta FIFA. Ternyata itu hanya untuk melindungi diri dari kekeliruan, kesalahan manajemen, dan lain-lain," ucap Budiarto, Kamis (28/5/2015).

Ucapan Shambazy bukan tanpa alasan. Selama ini, PSSI memang selalu berlindung dalam statuta FIFA ketika kisruh dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mencuat beberapa waktu lalu. 


(HIL)