"Indonesia Berjasa Besar Memajukan Bulu Tangkis Tiongkok"

Hilman Haris    •    Jumat, 29 May 2015 03:14 WIB
bulu tangkis
Mantan juara dunia serta peraih medali emas Olimpiade 2004, Taufik Hidayat, sebagai sosok populer di kalangan penggemar bulu tangkis di Tiongkok (AFP)

Metrotvnews.com, Jakarta:  Kalangan perbulutangkisan Tiongkok menilai Indonesia punya jasa besar dalam memajukan bulu tangkis dunia. Khususnya dalam meningkatkan kemampuan atlet Tiongkok. Setidaknya itu yang dirasakan oleh Ketua Federasi Olahraga Provinsi Guangxi, Tiongkok, Rong Xiaoning.

"Masyarakat Tiongkok, termasuk di provinsi Guangxi, tahu bahwa Indonesia punya sejarah yang hebat dalam bulu tangkis," katanya saat berkunjung ke Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di Jakarta, Kamis 28 Mei.

Ia mengatakan, banyak pemain dan pelatih bulu tangkis Indonesia datang ke Tiongkok sejak tahun 1950-an untuk mengembangkan olah raga ini di negeri tirai bambu.

"Misalnya Tang Hsien Hu dan Hou chia Chang yang asalnya dari Indonesia kemudian pindah ke Tiongkok. Mereka ikut membangun perbulutangkisan di Tiongkok," katanya.

"Oleh sebab itu, kami juga menyambut gembira jika ada pemain bulu tangkis Indonesia yang maju," katanya.

Secara khusus, Xiaoning menyebut nama mantan juara dunia serta peraih medali emas Olimpiade 2004, Taufik Hidayat, sebagai sosok populer di kalangan penggemar bulu tangkis di Tiongkok.

"Taufik sangat populer di Tiongkok. Saya harap bulu tangkis Indonesia tetap dapat mempertahankan reputasinya di dunia," ujar Xiaoning dalam kunjungan ke UNJ yang didampingi direktur Guangxi College of Sports and Physical Education, Xie Qiang, dan Ketua Kehormatan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Prof. Dr. Nurdin Purnomo.(ANT)



(HIL)