Sempat Ditunda, Praperadilan Novel Baswedan Dilanjutkan Hari Ini

Deny Irwanto    •    Jumat, 29 May 2015 07:35 WIB
novel baswedan
Sempat Ditunda, Praperadilan Novel Baswedan Dilanjutkan Hari Ini
Novel Baswedan menunggu sidang praperadilan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang praperadilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan yang sempat ditunda akan digelar hari ini, Jumat (29/5/2015).
 
Sidang Novel seharusnya dilaksanakan Senin 25 Mei, namun sidang yang dipimpin hakim tunggal Suhairi tersebut ditunda karena Polri selaku termohon tidak hadir.
 
Novel yang hadir pada Senin kemarin enggan berspekulasi terkait ketidakhadiran Polri. Meski tak ada informasi, Novel yakin Polri memiliki alasan kuat.
 
"Saya tidak mau menduga-duga. Realistis saja. Pasti alasannya," ukata cap Novel di Pengdilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya.
 
Praperadilan diajukan Novel terkait penetapan status tersangka oleh Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Permohonan praperadilan beregister perkara 37/pid.prap/2015 PN Jaksel ini meminta majelis hakim agar menyatakan penangkapan dan penahanan atas Novel Baswedan tidak sah. Selain itu, Novel meminta agar termohon mengaudit kinerja penyidik dalam penahanannya.
 
Novel juga mengajukan permohonan praperadilan kedua ke PN Jaksel. Gugatan permohonan praperadilan kedua yang diajukan Novel terkait gugatan penggeledahan dan penyitaan Bareskrim di kediamannya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Gugatan praperadilan Novel pun terdaftar di PN Jaksel dengan Nomor Perkara: 44/PID.PRAP/2015/PN.JKT.SEL tertanggal 11 Mei 2015.
 
Sebelumnya, Novel dibawa penyidik Bareskrim Polri pada Jumat 1 Mei dini hari dari kediamannya. Novel dijadikan tersangka atas kasus dugaan penembakan pelaku pencurian sarang burung walet saat menjadi Kasat Reskrim Polresta Bengkulu, pada 2004. Kasusnya sempat ditunda pada 2012 atas permintaan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Namun, kasus ini diusut kembali oleh Polda Bengkulu. Pengusutan kasus dilakukan oleh Bareskrim dengan alasan berdekatan dengan tempat tinggal Novel.
 


(FZN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA