Pengamat: Kasus Ijazah Palsu Musibah Dunia Pendidikan

Yogi Bayu Aji    •    Jumat, 29 May 2015 07:37 WIB
ijazah palsu
Pengamat: Kasus Ijazah Palsu Musibah Dunia Pendidikan
Ketua harian Komisi Nasional untuk UNESCO Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Arief Rachman (tengah) ketika menjadi pembicara pada Forum Kebijakan Internasional, Jakarta, Selasa (20/8). (FOFO: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat Pendidikan Profesor Arief Rachman menilai merebaknya kasus ijazah palsu sebagai petaka bagi dunia pendidikan. Kasus ini, kata dia, merupakan perkara serius yang harus segera diselesaikan karena imbasnya yang luar biasa.

"Saya lihat ini suatu musibah pendidikan yang harus dipidanakan, dituntut ke pengadilan, karena merusak tatanan pembentukan masyarakat yang terdidik dan terpelajar," kata Arief kepada Metrotvnews.com, Kamis (28/5/2015).

Menurut dia, maraknya peristiwa ini berseberangan dengan pilar-pilar penopang dunia pendidikan. Pasalnya, kata dia, kejujuran dianggap sebagai landasan dasar bagi orang yang berpendidikan. Kasus ijazah palsu, jelas dia, justru mencontreng hal tersebut.

Arief juga menekankan, kejadian ini sebagai cerminan moral dari bangsa Indonesia. "Sebetulnya ada satu fenomena moral dari sebagian bangsa Indonesia ini yang tidak punya tanggung jawab etika beragama, etika kejujuran, dan etika intelekual," tekan dia.

Ijazah palsu, lanjut dia, bisa muncul kerena ada pasar yang mencarinya. Orang-orang, kata Arief, tak segan merogoh koceknya demi sertifikat imitasi tersebut. Dia menilai, barang ini diburu pihak-pihak yang tak mau susah dan mencari gampangnya saja.  

"Ijazah palsu bisa buat orang punya kedudukan, punya status.  Jadi orang itu emang ada tipologinya. Ada yang tidak mau pakai proses lama, yang cepat saja. Orang-orang itu biasanya yang berani melanggar aturan," pungkas dia.

Praktik jual beli ijazah palsu menjadi perhatian publik setelah ada pengaduan masyarakat terhadap 18 perguruan tinggi. Polisi pun sedang gencar-gencarnya memburu pada pemain yang ada di dalamnya.


(OGI)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA