Usulan Gaji Rp3 Juta Bebas Pajak sedang Digodok

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 29 May 2015 10:23 WIB
pajak
Usulan Gaji Rp3 Juta Bebas Pajak sedang Digodok
Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan menaikkan tingkat pendapatan tidak kena pajak (PTKP) menjadi Rp36 juta per tahun dari posisi PTKP saat ini yaitu Rp 24,3 juta per tahun. Artinya, gaji sebesar Rp3 juta per bulan bakal bebas dari pajak.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah telah melayangkan surat usulan pembahasan kenaikan PTKP kepada DPR. "Nanti DPR yang akan memutuskan mekanismenya. Apakah di pimpinan saja atau di Komisi XI," terang Bambang, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (28/5/2015) malam.
  
Saat dikonfirmasi mengenai potensi hilangnya penerimaan pajak dari kebijakan tersebut, Bambang memperkirakan sebesar Rp 1 triliun. "Pajak yang hilang dari PTKP kecil, sekira Rp1 triliun. Tapi, daya beli dan konsumsi akan naik, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang nilai," cetus dia.

Sebelumnya Bambang mengatakan, dengan kenaikan batasan PTKP 50 persen, maka akan mendongkrak konsumsi domestik. Pemerintah memang tengah menggenjot konsumsi domestik untuk memacu pertumbuhan ekonomi di luar ekspor yang tengah lesu.


(ABD)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA