Pengamat: Pengunduran Diri Ibas Pencitraan Sesaat

   •    Kamis, 14 Feb 2013 17:00 WIB
Pengamat: Pengunduran Diri Ibas Pencitraan Sesaat

MI/M.Irfan/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengunduran diri Sekjen DPP Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas tidak bisa menjamin pengembalian citra partai berlambang Mercy itu. Masalah Demokrat tak akan selesai dengan mundurnya Ibas.

"Enggak ada jaminan pengunduran diri Ibas mengembalikan citra PD, ini pencitraan sesaat aja," kata pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia Burhanuddin Muhtadi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (14/2).

Burhanuddin menilai Ketua Umum dan Sekjen partai politik idealnya memang tidak menjadi anggota DPR. Sebab dua orang tersebut paling bertanggungjawab terhadap partai.

"Idealnya Ketum dan Sekjen bisa meluangkan waktu 24 jam, tidak disibukkan dengan tugas di DPR," kata Burhanuddin.

Ia mengatakan, persoalan yang dihadapi Partai Demokrat tak bisa diselesaikan dengan solusi jangka pendek. Harus lewat jangka menengah dan panjang.

"Harus ada desain menyelurrh, bukan sesaat tidak bisa hanya dengan pengunduran diri," kata Burhanuddin.

Ia menyarankan Demokrat melakukan transparasi. Mencuci gudang dari kader bermasalah.

"Ini akan ada efeknya," kata dia.

Lalu apakah Presiden SBY sendiri perlu mundur dari Partai Demokrat, Burhanuddin mengatakan layaknya Presiden dan menteri tidak menduduki jabatan di partai.

"Kalau berkaca di luar kita kadang tidak taju ketumnya siapa. Tapi mereka yang masuk pejabat publik tetap orang partai," kata Burhanuddin.

Apakah pengunduran diri Ibas akan berujung ditunjuk sebagai pelaksana tugas sementara, Burhanuddin memprediksi SBY tidak sebodoh itu. Karena itu, beresiko terhadap pencitraan SBY.

"Agak kurang masuk akal," tandasnya.(Andhini)


Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

44 minutes Ago

Golkar akan menerapkakan aturan partai terhadap kader yang dianggap melanggar aturan dan indisi…

BERITA LAINNYA