Sering Merasa Lapar? Ini Penyebabnya

   •    Jumat, 29 May 2015 10:47 WIB
kesehatan
Sering Merasa Lapar? Ini Penyebabnya
Sering merasa lapar bisa karena kurang tidur. (Foto:telegraph.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pernahkah Anda merasa masih lapar meski Anda baru saja selesai makan? Setelah olahraga atau melakukan aktivitas yang berat, mungkin wajar jika merasakan lapar.

Lalu, bagaimana jika merasa masih ingin makan meski perut baru saja terisi? Ini alasan mengapa seseorang merasa terus lapar.

Terlalu banyak minum alkohol
Tidak sedikit orang akan mengonsumsi alkohol setelah mereka selesai makan. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar ghrelin (hormon yang bertanggung jawab untuk memicu rasa lapar). 

Makan terlalu cepat
Makan terburu-buru atau terlalu cepat akan membuat leptin (hormon kenyang) kurang aktif. Akibatnya, Anda akan mudah lapar. Studi menunjukkan, makan dalam waktu yang lebih lama atau mengunyah makanan lebih lama, Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Kurang tidur
Kurang tidur atau kurang istirahat membuat tubuh Anda sulit memproduksi leptin. Akibatnya, Anda akan makan lebih banyak. Kurang tidur juga bisa meningkatkan ghrelin (hormon yang merangsang kelaparan).

Melewatkan sarapan
Studi menunjukkan bahwa orang yang melewatkan sarapan lima kali lebih mungkin untuk lebih banyak makan dan mengalami obesitas daripada orang yang makan sarapan sehat setiap hari.

Terlalu banyak menonton TV
Saat menonton televisi, Anda akan mudah makan makanan olahan yang tidak sehat. Bahkan, studi mengungkapkan bahwa orang yang menonton TV lebih dari dua jam sehari, lebih mungkin untuk menjadi lapar dan kelebihan berat badan daripada orang yang tidak sering menonton televisi.

Makan terus-menerus
Ketika stres atau tertekan, banyak orang mengatasinya dengan makanan. Hal inilah yang pada akhirnya membuat mereka makan secara terus-menerus. Makan sebenarnya bukanlah cara terbaik untuk menghilangkan stres atau kecemasan. Sebaliknya, hal ini justru bisa memicu dorongan untuk makan lebih banyak. 

Dehidrasi
Terkadang, rasa lapar yang Anda rasakan sebenarnya adalah rasa haus. Hal ini umumnya terjadi ketika seseorang mengalami dehidrasi kronis. Akibatnya, ketika seseorang makan untuk menghilangkan rasa lapar, itu akan sulit hilang karena yang mereka butuhkan sebenarnya minum banyak air, bukan makan.

Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet akan membuat Anda ingin makan lebih banyak. Hal ini terjadi karena ketika Anda mengunyah permen karet, Anda akan menelan banyak air liur. Air liur akan bergerak ke dalam perut sehingga membuat Anda gampang lapar. (Ningtriasih/Healthmeup)


(LOV)