Penyidik KPK Novel Baswedan Akan Bacakan Permohonan Praperadilan

Deny Irwanto    •    Jumat, 29 May 2015 11:01 WIB
novel baswedan
Penyidik KPK Novel Baswedan Akan Bacakan Permohonan Praperadilan
Pimpinan nonaktif KPK Bambang Widjojanto dan Abraham Samad dan Penyidik KPK Novel Baswedan (kanan) usai sidang uji materi di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin 25 Mei 2015. Foto: MI/Angga Yuniar

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan akan membacakan berkas permohonan praperadilan. Saat ini, ia sudah berada di gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di Jalan Ampera Raya.

"Hari ini saya siap hadir dan akan membacakan permohonan yang telah disiapkan. Persiapannya standar saja, kan cuma membacakan," kata Novel sebelum memasuki ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (29/5/2015).

Dalam permohonan praperadilan, Novel mempermasalahkan penangkapannya oleh Bareskrim Polri. Dia menilai penangkapan tersebut tidak sesuai prosedur.

"Penangkapan menurut saya tidak mengikuti hukum acara. Tentunya itu yang akan saya sampaikan dan penting bagi saya untuk lakukan permohonan ini dalam rangka untuk hal demikian tidak terjadi lagi di kemudian hari," tandasnya.

Permohonan praperadilan beregister perkara 37/pid.prap/2015 PN Jaksel ini meminta majelis hakim agar menyatakan penangkapan dan penahanan atas Novel Baswedan tidak sah.

Novel digelandang penyidik Bareskrim Polri pada Jumat 1 Mei dini hari dari kediamannya. Novel dijadikan tersangka atas kasus dugaan penembakan pencuri sarang burung walet saat menjabat Kasat Reskrim Polresta Bengkulu pada 2004.


(TRK)