Suzuki Resmikan Pabrik Baru di Cikarang

   •    Jumat, 29 May 2015 11:42 WIB
suzuki
Suzuki Resmikan Pabrik Baru di Cikarang
Pabrik Suzuki. MI/Sayuti

Metrotvnews.com, Cikarang: PT Suzuki Indomobil Motor meresmikan pabrik perakitan mobil terbarunya di Indonesia. Pabrik seluas 130,7 hektar ini merupakan pusat perakitan mobil keempat Suzuki di Indonesia. Selain itu, pabrik ini merupakan pabrik terbesar Suzuki setelah 40 tahun melakukan aktivitas produksi di Tanah Air.

"Pabrik ini akan mengintegrasikan produksi yang selama ini terpisah-pisah," ujar CEO Suzuki Motor Corporation, Osamu Suzuki, saat melakukan peresmian di kawasan industri Greenland International Industrial Center, Cikarang, Jumat, (29/5/2015).

CEO Suzuki Indomobil Indonesia Shuji Oishi menjelaskan kapastias produksi pabrik baru tersebut akan menyentuh 200 ribu unit per tahun. Untuk mewujudkan besaran kapasitas produksi tersebut, Suzuki merogoh dana investasi sebesar USD1 miliar untuk membangun pabrik tersebut.

Pabrik tersebut dilengkapi sejumlah fasilitas dengan teknologi modern berdasar standar global prinsipal Suzuki Motor Corporation Jepang. Adapun fasilitas pabrik tersebut mencakup power train production seluas 35 ribu meter persegi untuk keperluan engine casting, engine machining, dan engine assembling.

Selain itu, untuk kebutuhan perakitan mobil, pabrik ini dilengkapi sarana pressing, welding, painting body, resin, seat, assembling, dan final inspection. Pabrik ini juga dilengkapi sarana high way test truck. Fasilitas tersebut berguna untuk standar uji kompetensi mobil usai proses perakitan.

Osamu mengatakan pabrik baru ini akan berfokus memperbanyak produksi mobil untuk kebutuhan ekspor. Dia sendiri menargetkan level ekspor pada angka 13 persen dari total produksi.

"Perlahan-lahan, jumlah presentase ekspor akan kami tingkatkan," cetus dia.

Pabrik ini, menurut Osamu, akan memfokuskan produksi mobil Suzuki untuk keluaran dua tahun ke depan. Tapi, untuk saat ini, pabrik masih memproduksi mobil Suzuki Ertiga dengan kapasitas mesin 1.400 cc, Karimun Wagon dengan kapasitas mesin 1.100 cc, dan transmisi roda empat.

Peresmian pabrik ini juga turut dihadiri oleh Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. Menteri Rahmat dalam sambutannya meminta Suzuki terus meningkatkan ekspor ke wilayah ASEAN. Permintaan disampaikan dalam rangka mendukung program pemerintah mencapai target pertumbuhan ekspor Indoenesia sebesar 300 persen pada 2019.

"Tentu kami akan dukung rencana Suzuki meningkatkan kinerjanya," kata Rachmat Gobel.  (Nuriman Jayabuana)


(WID)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA