Malaysia Undang Indonesia, Thailand dan Myanmar Bahas Pengungsi

Fajar Nugraha    •    Jumat, 29 May 2015 12:09 WIB
rohingya
Malaysia Undang Indonesia, Thailand dan Myanmar Bahas Pengungsi
Pengungsi Rohingya di penampungan Indonesia (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Bangkok: Malaysia mengundang pemimpin Indonesia, Thailand dan Myanmar untuk melakukan pertemuan darurat mengenai pengungsi. 
 
"Malaysia siap menjadi tuan rumah," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Malaysia, seperti dikutip Reuters, Jumat (29/5/2015).
 
"Akan butuh waktu untuk menentukan pelaksanaan pertemuan, kami belum tahu pasti," lanjutnya.
 
Kabar mengenai inisiatif ini berlangsung di sela-sela pertemuan satu hari di Bangkok, Thailand. Pertemuan itu khusus untuk membahas masalah pengungsi Rohingya dan Bangladesh.
 
Lebih dari 3.500 pengungsi Rohingya dan Bangladesh diselamatkan di Indonesia dan Malaysia. Sementara sekitar 2.600 lainnya masih terperangkap di laut.
 
Indonesia sebagai bukan negara penandatangan Konvensi tentang Pengungsi, pada dasarnya tidak memiliki kewajiban untuk menampung pada pengungsi. Namun atas dasar kemanusiaan, para pengungsi itu saat ini ditampung sementara di Aceh.
 
Selain itu Indonesia juga konsisten mengadopsi prinsip non-refoulement. Prinsip itu berarti Pemerintah Indonesia tidak akan mengembalikan para pengungsi ke negara asal atau tempat asal di mana mereka menderita kekerasan atau diskriminasi.
 
Sementara etnis Rohingya sendiri tidak pernah diakui kewarganegaraannya oleh Pemerintah Myanmar. Mereka juga kerap menderita diskriminasi dan kekerasan dari warga dan Pemerintah Myanmar.



(FJR)

Hatta Ali Merasa Difitnah

Hatta Ali Merasa Difitnah

1 hour Ago

Menurut Hatta, dirinya datang ke Surabaya karena diminta menjadi dosen penguji dalam ujian terb…

BERITA LAINNYA