Temuan 'Beras Plastik'

Hasil Lab Beda, Polri Koordinasi dengan PT Sucofindo

Githa Farahdina    •    Jumat, 29 May 2015 13:29 WIB
kasus beras plastik
Hasil Lab Beda, Polri Koordinasi dengan PT Sucofindo
Komjen Budi Waseso. Foto: M Agung Rajasa/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil uji laboratorium antara BPOM-Polri dan PT Sucofindo terkait beras plastik berbeda. PT Sucofindo menyatakan beras mengandung bahan plastik, sementara hasil uji BPOM dan Polri negatif kandungan plastik.

"Kita sekarang sedang koordinasi dengan Sucofindo hasilnya. Kita sedang menanyakan mungkin Sucofindo punya standar tersendiri, sehingga beliau dengan waktu relatif singkat bisa mengumumkan bahwa beras itu mengandung bahan plastik," jelas Kabareskrim Komjen Budi Waseso di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/5/2015).

Budi Waseso mengakui perbedaan hasil laboratorium ini membuat masyarakat bingung. Polri kini menunggu hasil uji laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meyakinkan masyarakat.

"Artinya begini, supaya masyarakat tidak simpang siur. Ada kepastian akurat. Jadi masyarakat tidak ragu menggunakan beras. Ini kan masalah mendasar kehidupan masyarakat Indonesia khususnya," tambahnya.

Sedangkan terkait beras yang diduga mengandung pemutih, tambah Budi Waseso, hasil laboratoriumnya baru keluar hari ini. Tahapan uji lab beras itu terdiri dari lima fase selama lima hari.

"Jadi kalau kita lihat dengan lima fase itu, lima hari, berarti hari ini. Insya Allah hari ini sudah ada hasilnya," tambah Buwas.

Sucofindo menyatakan uji lab beras plastik positif mengandung senyawa polyvinyl chloride atau bahan baku pipa plastik.

Akan tetapi, Polri dan BPOM mementahkan temuan BUMN itu. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyebut jika dalam beras yang diuji di Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Pust Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri, dan BPOM tak ditemukan adanya senyawa plastik.


(KRI)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

53 minutes Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA