Cara Masak Kentang yang Sehat

   •    Jumat, 29 May 2015 13:39 WIB
Cara Masak Kentang yang Sehat
Potato wedges. (Foto:Healthmeup.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kentang mejadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Namun, banyak dari mereka sedikit khawatir ketika menyantap makanan ini berlebih dengan alasan takut gemuk.

Bagi Anda yang sedang proses diet dan mengendalkan kentang sebagai menu utama Anda, jangan khawatir. Pasalnya, ada beberapa cara sehat makan kentang berlebih tanpa mempengaruhi diet Anda.

Kentang panggang
Sebelum memanggangnya, rebus kentang terlebih dahulu selama lima menit. Setelah empuk, tiriskan dan potong dengan seperti kentang goreng. Panaskan oven dengan suhu hingga 200 derajat celcius. Oleskan papan pemanggang dengan minyak zaitun kemudian panggang kentang selama 35 menit. Setelah berwarna kecoklatan, taburi dengan garam dan sajikan selagi panas. Mudah bukan?


(Mashed potato)

Kentang tumbuk
Rebus kentang kemudian tumbuk rebusan kentang dengan mencampurkan susu, bawang putih, garam, merica dan sedikit keju. Untuk menambah rasa, Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bumbu tambahan atau sedikit rempah-rempah yang Anda inginkan.

Kentang tumis
Panaskan sedikit minyak dalam panci atau penggorengan kemudian tumis bawang putih dengan irisan kentang. Biarkan kentang hingga berubah warna coklat keemasan. Setelah itu, taburi garam dan merica untuk menambah cita rasa.

Salad kentang
Rebus kentang berukuran kecil dan dinginkan selama satu jam. Setelah itu taburi sedikit garam dan kemudian lumuri dengan saus. Untuk saus, Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan bawang putih, jus lemon, bubuk mustard, garam dan merica.

Jacket kentang
Mungkin ini terdengar aneh, Namun cara membuat jacket kentang sangatlah mudah. Anda harus mencuci kentang sebersih mungkin karena Anda akan memanggangnya beserta kulitnya. Panggang kentang selama 20-25 menit. Setelah kentang matang, potong berbentuk kubus dan taburi dengan berbagai bumbu seperti bawang, tomat, ketumbar, cabai, garam dan air jerik nipis. Kentang pun siap Anda santap.


(Jacket potato)

Potato wedges
Potong kentang tak terlalu tipis juga tak terlalu tebal, rendam dalam air dingin, oleskan dengan minyak zaitun dan panggang dengan garam, merica, bubuk bawang putih dan paprika. Panggang hingga berwarna kecokelatan di luar dan lembut di dalam. 

Sup kentang
Selain dipanggang atau direbus, kentang juga bisa Anda olah menjadi sup yang lezat. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna kecoklatan, tambahkan kentang yang telah dipotong berbentuk dadu dan tumis selama 4 menit. Setelah itu, tambahkan beberapa kaldu sayuran, daun salam, garam dan merica. Setelah mendidih, kecilkan api kemudian tutup dan diamkan selama 25 menit. Ambil daun salam dan tambahkan beberapa keju dan tunggu hingga meleleleh kemudian tiriskan dan hiasi dengan daun bawang. (Ningtriasih/Healthmeup)
(LOV)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

19 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA