Bank Mandiri Manado Sambut Baik Penurunan LTV

Antara    •    Jumat, 29 May 2015 14:24 WIB
bank mandiri
Bank Mandiri Manado Sambut Baik Penurunan LTV
Bank Mandiri (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Manado: Bank Mandiri Area Manado menyambut baik rencana Bank Indonesia (BI) yang menurunkan loan to value (LTV) atau nilai penjaminan untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kendaraan mobil (KKB).

"Kami menyambut baik rencana penurunan LTV tersebut, karena Sulawesi Utara memiliki potensi pasar yang besar dalam kredit properti dan kendaraan mobil," kata Wakil Kepala Cabang Utama Bank Mandiri Wilayah Manado Iiip Suitman, di Manado, Jumat (29/5/2015).

Dengan adanya penurunan itu, kata Suitman, kredit akan menggeliat karena ini yang tengah ditunggu masyarakat. Hanya saja, lanjutnya, kendati nantinya LTV bakal diturunkan pihaknya tetap selektif dalam memberikan fasilitas kredit tersebut. Pasalnya, risiko kredit macet tetap ada. Namun, saat ini properti tengah menjanjikan.

Ia menambahkan, saat ini masyarakat cenderung memilih bangunan yang sudah ready sehingga tidak perlu menunggu. Biasanya, bila progres rumah sudah terlihat misalnya sekitar 35 persen, maka masyarakat senang dan perbankan akan cepat memberikan respon.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya memberikan plafon kredit bervariasi. Bahkan, untuk plafon kredit antara Rp300 juta hingga Rp1 miliar menguasai 60 persen dari KPR yang disalurkan. Sementara 40 persen sisanya masih dikuasai plafon yang di atas Rp1 miliar. "Semoga kebijakan ini bisa terealisasi karena akan mendorong pertumbuhan di sektor properti," pungkasnya.




(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA