Polres Jaksel Musnahkan 1,4 Ton Ganja Kering

   •    Jumat, 15 Feb 2013 11:00 WIB
Polres Jaksel Musnahkan 1,4 Ton Ganja Kering

MI/Ramdani/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian Resor Metro (Polrestro) Jakarta Selatan memusnahkan 1,4 ton ganja kering hasil sitaan sepanjang tahun 2013. Seluruh barang bukti itu dibakar di halaman Markas Polres Metro Jakarta Selatan, Jumat (15/2).

"Barang bukti ini hasil kegiatan perang terhadap narkotika selama dua bulan. Kemudian juga dikumpulkan dari beberapa polsek di Jakarta selatan," kata Kepala Polrestro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Wahyu Hadiningrat usai memimpin pemusnahan.

Menurut Wahyu, barang bukti disita dari 14 tersangka dengan empat jaringan di wilayah Jakarta Selatan. Jumlah barang bukti senilai Rp14 miliar itu setara dengan menyelamatkan jutaan jiwa dari bahaya pengaruh narkoba. "Dengan diamankannya barang bukti seperti ini, menyelamatkan dua juta jiwa," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, pemusnahakan melibatkan sejumlah intitusi penegak hukum dan elemen masyarakat, mulai dari pelajar hingga artis. Ini menyimbolkan komitmen bersama untuk pemberantasan narkotika.

"Ini bentuk transparasi kinerja Polri. Kita sampaikan terbuka ke masyarakat, ini rangkaian proses penyidikan dalam kaitan kasus narkoika. Secara tidak langsung, kita berkomitmen perang terhadap narkotika," jelas Wahyu.

Dasar pemusnahan adalah Pasal 91 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 45 KUHAP. Acara dihadiri pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Mabes Polri, Badan Narkotika Nasional, tokoh agama, artis, pelajar dan tokoh masyarakat.(Satwika)


Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA