Pesta Kecil di Lokasi Penggusuran

Aedy azeza ulfi    •    Jumat, 29 May 2015 17:49 WIB
penggusuran
Pesta Kecil di Lokasi Penggusuran
Suasana ulang tahun Dini di lokasi penggusuran. Foto: MTVN/Aedy Azeza Ulfi

Metrotvnews.com, Jakarta: Lagu selamat ulang tahun terdengar dari salah satu tenda penampungan korban penggusuran di Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat. Ibu-ibu dan anak-anak di tenda itu tampak sumrigah meski baru saja kehilangan rumah.

Pesta kecil itu untuk merayakan hari jadi Rahma Dini ke-11 tahun. "Ayo sini semua, ada pesta ulang tahun," teriak Mersi, ibunda Dini, sambil berjalan ke arah tenda, Jumat (29/5/2015).

Tangannya menenteng kardus kecil berisi kue ulang tahun. Saat itu, warga sibuk mengais puing-puing. Ada juga yang hanya terpaku melihat rumahnya sudah rata dengan tanah. Teriakan Mersi membuat mereka tersenyum.

Sekitar 30 orang yang terdiri dari ibu-ibu dan anak-anak berdesak-desakan di sebuah tenda untuk merayakan ulang tahun Dini. Ia tersenyum dan berdiri di tengah. Sementara Mersi membuka kotak kue dan menyalakan lilin.

Panampilan lusuh tidak menyurutkan niat Mersi merayakan hari ulang tahun putrinya. "Selamat ulang tahun kami ucapkan, selamat ulang tahun kami kan doakan, selamat ..."

Senandung lagu ulang tahun terhenti dengan isak tangis. Dini pun terdiam melihat kejadian ini. Mersi berusaha menenangkan putrinya.

"Sabar dan tetap semangat nak. Ulang tahun ke-11 ada di tenda, miris memang. Mudah-mudahan ulang tahun selanjutnya, kita sudah tidak di tenda lagi," ujar Mersi sambil memeluk erat Dini.

Mersi, sebenarnya punya rencana lain saat ulang tahun anaknya. Rencana tinggal rencana. Mersi tidak mungkin mewujudkan itu karena tak lagi punya tempat tinggal.

"Rencananya saya mau buat nasi kuning biar banyak yang doain, tapi keadaan begini yah mau bagaimana lagi, perayaan seadanya saja," tuturnya. Kecerian berubah hening.

700 personel Satuan Polisi Pamong Praja menghacurkan 114 rumah tersebut karena berdiri di bantaran Kali Ciliwung, sekitar pukul 08.00 WIB, kemarin. 54 kepala keluarga bertahan di tenda-tenda sebagai bentuk protes kepada pemerintah.


(TRK)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

11 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA