Ponpes di Jombang Bersedia Tampung Pengungsi Rohingya

Nurul Hidayat    •    Jumat, 29 May 2015 18:01 WIB
rohingya
Ponpes di Jombang Bersedia Tampung Pengungsi Rohingya
Gus Hasib Menunjukan tempat Jika penghungsi rohingya di tampung di Ponpes Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang, Metrotvnews.com/ Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Jawa Timur, siap menampung pengungsi Rohingnya. Hal ini dikemukakan langsung oleh Ketua Majelis Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum, KH M Hasib Wahab Chasbullah.

"Mereka wajib kita tolong, selain saudara seiman dan mereka terzalimi secara biadab dengan kaum lain di sana. Dan yang paling utama adalah atas dasar kemanusiaan yang harus dijunjung tinggi. Kami siap merima mereka jika ada penunjukan dari dinas terkait," ujar Ketua Majelis Pengasuh Ponpes Bahrul Ulum, KH. M. Hasib Wahab Chasbullah. Jumat (29/5/2015).

Gus Hasib menambahkan jika pihaknya juga akan berkomunikasi dengan para Kiai sepuh di Kabupaten Jombang serta dinas terkait agar tergerak untuk menolong pengungsi Rohingnya. Selain itu pihaknya juga berharap agar pemerintah Indonesia berperan aktif dalam masalah ini.

"Negara kita itu nasionalis berbagai macam agama, suku bangsa, ras semua ada di sini, kita wajib menjunjung tinggi kebheneka tunggal ika dan agat tragedi Rohingnya tidak terjadi di sini," imbunya.

Selanjutnya Gus Hasib berharap agar negara Myanmar tidak tinggal diam terhadap tragedi yang memakan ribuan korban jiwa ini. "Karena ini merupakan jelas pelanggaran HAM internasional dan harus segera diselesaikan," tambahnya.

Saat disinggung jika nanti ada pengungsi rohingya yang tinggal di pondok apakah tidak mengganggu kegiatan dipondok pesantren, Gus Hasib membantah justru keberadaaan para pengungsi ini akan menjadi salah satu sarana membangun ukuwah islamiyah antar bangsa.

"Di sini para santri akan belajar mengahargai dan memaknai arti rahmatal lil alamim dan arti sesungguhnya ukhuwah islamiyah,"pungkasnya.

 


(RRN)