Polri Diminta Transparan Soal Anggaran Gedung Bareskrim

Budi Ernanto    •    Jumat, 29 May 2015 18:17 WIB
polri
Polri Diminta Transparan Soal Anggaran Gedung Bareskrim
Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan (kanan), Anggota DPR Bambang Soesatyo (tengah) dan anggota Kompolnas M Nasser. Foto: Ant/Rossa Panggabean.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri diminta transparan dalam penggunaan anggaran, termasuk anggaran untuk pembangunan gedung baru Badan Reserse Kriminal (Bareskrim). Komisi Kepolisian Nasional mendukung rencana pembangunan gedung itu.

Komisioner Kompolnas Edi Saputra Hasibuan tahu kondisi gedung Bareskrim sudah tua. Gedung perlu direnovasi, bahkan dibangun yang baru. Karena itu, ia menyambut baik rencana pemugaran gedung. Namun, ia berharap Polri terbuka soal anggaran.

"Kami ingatkan agar Polri jangan sekali-sekali gunakan anggaran dari pihak lain. Itu dimaksudkan agar profesionalisme Polri bisa terjaga," kata Edi kepada Media Indonesia, Jumat (29/5/2015). Edi mengaku tidak mengetahui apakah ada anggaran Polri tahun ini yang akan dipotong untuk pemugaran gedung Bareskrim. 

Bareskrim Polri memerlukan gedung baru. Gedung empat lantai di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, kurang memadai. Kapasitas gedung tetap, sementara jumlah pegawai terus bertambah. Di beberapa titik gedung sudah muncul retakan.

Menurut Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso, jumlah pegawai Bareskrim saat ini seribu orang. Sementara bangunan empat lantai hanya cukup untuk 300 orang. "Sebenarnya bangunan juga hanya tiga lantai. Karena pegawai bertambah ditingkatkan lagi satu lantai," kata Budi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Penambahan satu lantai, kata Budi, agak rawan karena tidak sesuai konstruksi awal. Saat ini di beberapa titik di gedung berusia 61 tahun itu muncul retakan. Ada kemungkinan gedung ambruk. 

Budi mengatakan sudah mengajukan permohonan dana ke pemerintah untuk memugar gedung tempat ia bekerja. Tanpa menyebutkan kebutuhan nominal uang, Budi menjelaskan gedung Bareskrim nantinya akan memiliki 17 lantai.


(DOR)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

9 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA