Komisi III Beri Tenggat Waktu Pansel Capim KPK Hingga 3 Juli

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 29 May 2015 20:45 WIB
pansel kpk
Komisi III Beri Tenggat Waktu Pansel Capim KPK Hingga 3 Juli
Aziz Syamsuddin. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi III DPR memberi tenggat waktu kerja panitia seleksi calon pimpinan KPK hingga 3 Juli. Nama-nama calon Pimpinan KPK harus sudah disetor sebelum tanggal itu.

DPR segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap nama-nama yang diserahkan pansel. Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin berharap nama-nama calon pimpinan KPK disetor sebelum tenggat waktu. Hal itu agar pihaknya bisa memverifikasi para calon tersebut ke kepolisian, KPK dan kejaksaan, apakah pernah atau berpotensi terjerat kasus hukum atau tidak.

"Sebelum 3 Juli 2015 seharusnya bisa masuk, untuk bisa diverifikasi kepada aparat penegak hukum. Jangan sampai pas siap jadi komisioner, kasus-kasus sebelum menjabat muncul. Ketika fit and proper test jadi tersangka," kata Aziz saat jumpa pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Menurut dia, penelusuran rekam jejak sejak dini dilakukan agar tidak ada hal yang mengganjal ketika akan memasuki tahap akhir tersebut.

Lebih lanjut Aziz menjelaskan Komisi III hanya menunggu delapan nama. Sebab, dua orang calon pimpinan KPK, Busyro Muqoddas dan Robby Arya Brata sudah diuji awal tahun ini.

"Mereka berdua akan bertarung lagi dengan delapan nama yang akan masuk. Dari sepuluh capim, akan diambil lima," ungkap dia.


(KRI)