Kongres FIFA

Soal Skandal Korupsi FIFA, Blatter: Tuhan Akan Bantu FIFA!

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 30 May 2015 01:40 WIB
fifa
Soal Skandal Korupsi FIFA, Blatter: Tuhan Akan Bantu FIFA!
Sepp Blatter saat memberikan pidato usai terpilih sebagai Presiden FIFA (Foto: Walter Bieri/Keystone via AP)

Metrotvnews.com, Zurich: Sepp Blatter akhirnya kembali terpilih sebagai Presiden FIFA untuk periode 2014--2019. Pria asal Swiss sukses mengalahkan pesaingnya, Pangeran Ali bin Husein yang mengundurkan diri.

Blatter harus melewati proses pemungutan suara sebanyak dua putaran untuk dinobatkan sebagai Presiden FIFA untuk priode ke-5. Di putaran pertama, Blatter belum bisa dipastikan menang karena dukungan 133 suara yang didapatkannya tidak memenuhi syarat dua pertiga dari jumlah voter (209).

Namun, jelang memasuki putaran kedua, Pangeran Ali yang di putaran pertama mendapat dukungan 73 suara, memutuskan mundur dari persaingan. Dengan demikian, Blatter akhirnya resmi kembali jadi Presiden FIFA, jabatan yang dikuasainya sejak 1998. (Baca: Pesaing Mundur, Blatter Kembali Pimpin FIFA)

Namun, di periode kepemimpinannya saat ini, FIFA tengaj diguncang masalah besar. Tujuh pejabat FIFA ditangkap kepolisian khusus Amerika Serikat (FBI) atas kasus korupsi yang telah berlangsung selama 20 tahun terakhir.

Ketujuh pejabat FIFA itu ditangkap di Hotel Baur au Lac, Swiss, Rabu 27 Mei pagi, atau hanya dua hari jelang Kongres FIFA ke-65 digelar.

Menyikapi permasalahan ini, Blatter mencium adanya unsur politik dalam penangkapan tersebut. Meski demikian, ia meyakini bahwa FIFA di bawah pimpinannya akan mampu melewati permasalahan ini. (Baca Juga: Soal Skandal Korupsi FIFA, Blatter: Tuhan Akan Bantu FIFA!)

Berikut petikan pidato Blatter usai terpilih sebagai Presiden FIFA:

"Kemarin, sehari sebelum dan hari ini, saya bertanggung jawab atas permasalahan yang terjadi. Saya akan memikul tanggung jawab itu. Seperti yang saya katakan, saya akan menerimanya dan saya ingin memperbaiki FIFA bersama-sama dengan Anda."

"Saya ingin menyerahkan FIFA setelah keluar dari badai. Sebuah (organisasi) FIFA yang akan memiliki cukup perlindungan dan tidak perlu intervensi politik. Saya janjikan ini."

"Kami memiliki masalah dalam organisasi. Saya memiliki tanggung jawab untuk mengembalikan kredibilitas FIFA. Bersama kalian semua, saya yakini kita bisa."

"Saya adalah orang yang beriman. Sekarang Tuhan, Allah atau siapapun yang kita percaya, mereka akan membantu kami untuk membangkitkan kembali FIFA. Saya janjikan pada Anda, pada akhir jabatan saya, saya akan menyerahkan FIFA kepada suksesor saya dalam posisi yang kuat," tegasnya.
(ESPN)


(ACF)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

10 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA