Kongres FIFA

Usia Sudah 79 Tahun, Blatter Tidak akan Berubah

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 30 May 2015 07:41 WIB
fifa
Usia Sudah 79 Tahun, Blatter Tidak akan Berubah
Sepp Blatter saat memberikan pidatonya di Kongres FIFA (Foto: AFP/FABRICE COFFRINI)

Metrotvnews.com, Zurich: Kongres FIFA yang menghasilkan Sepp Blatter sebagai Presiden FIFA untuk empat musim ke depan terus menuai kekecewaan. Kali ini datang dari ketua Federasi sepak bola Jerman (DFB), Wolfgang Niersbach.

Niersbach khawatir, dengan terpilihnya kembali Blatter untuk periode ke-5, FIFA tidak akan mengalami perubahan signifikan seperti yang diharapkannya dan sejumlah federasi sepak bola lainnya.

FIFA akan terus dicap sebagai organisasi yang kotor, menyusul terkuaknya skandal korupsi yang dilakukan sejumlah pejabatnya beberapa hari lalu.

"Setelah peristiwa minggu terakhir, Anda bisa merasakan ada angin yang bertiup melawan Blatter, tapi pada akhirnya itu tidak cukup kuat untuk membawa perubahan yang kita inginkan," ujar Niersbach.

"Di dalam UEFA sempat ada perasaan bahwa Pangeran Ali memiliki peluang (untuk menang), tapi akhirnya gagal," imbuhnya.

Blatter mengalahkan Pangeran Ali lewat pemungutan suara. Di putaran pertama, Blatter yang mendapatkan 133 suara belum bisa ditunjuk sebagai pemenang karena belum mencapai syarat dua pertiga dari total voter (209).

Pemilihan pun dilanjutkan dengan menggelar pemungutan suara putaran kedua, dimana Blatter akhirnya dipastikan menang karena Pangeran Ali memutuskan mundur.

Usai terpilih, Blatter menegaskan dirinya akan bekerja keras untuk mengembalikan kembali citra FIFA yang kini tengah terpuruk dengan kasus korupsi yang menjerat para pejabatnya.

"Saya tidak yakin Blatter akan berubah. Di usia 79 tahun, Anda telah memiliki gaya Anda. Kekhawatiran terbesar saya adalah dia tak mampu membuat semuanya tenang. Kami membutuhkan FIFA yang kuat tapi itu sangat sulit," tandasnya.



(ACF)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA