On This Day: Real Madrid Sabet Trofi Champions Dua Musim Beruntun

Achmad Firdaus    •    Sabtu, 30 May 2015 09:06 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Real Madrid Sabet Trofi Champions Dua Musim Beruntun
Skuat Real Madrid (Foto: Youtube)

Metrotvnews.com, Jakarta: Real Madrid meraih prestasi membanggakan pada tanggal 30 Mei, lebih dari setengah abad yang lalu. El Real sukses menjadi juara di Benua Eropa selama dua musim berturut-turut.

Tepat hari ini di tahun 1957, Madrid tampil di babak final Piala Eropa (sekarang Liga Champions) dengan menghadapi Fiorentina. Madrid menatap laga ini dengan status juara bertahan, lantaran di musim sebelumnya sukses mengalahkan Stade de Reims (4-3) di final.

Madrid lolos ke final usai menang agregat 5-3 kontra Manchester United. Sedangkan Fiorentina yang tengah naik daun, maju ke partai puncak dengan kemenangan tipis (agregat 1-0) atas Red Star Belgrade.

Tampil di hadapan 124 ribu pasang mata yang hadir di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid dan Fiorentina malah gagal menunjukkan penampilan yang menghibur. Kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata, 0-0.

Di babak kedua, Madrid yang tampil di kandangnya, mencoba ambil inisiatif serangan. Hasilnya, mereka berhasil membuka keran gol lewat eksekusi penalti pemain legendanya, Alfredo Di Stefano pada menit ke-69.

Gol Di Stefano membuat pertandingan lebih terbuka. Fiorentina mulai berani keluar menyerang. Namun, alih-alih menyamakan kedudukan, Giuliano Sarti kembali harus bobol setelah Francisco Gento mencetak gol enam menit berselang.

Madrid menang 2-0 dan keluar sebagai juara untuk dua musim secara beruntun. Hingga kini, Madrid total sudah mengoleksi trofi juara Liga Champions --terbanyak di dunia-.

Sementara bagi Fiorentina, final kontra Madrid merupakan penampilan terakhirnya di final Piala Eropa (Liga Champions). Sejak saat itu, La Viola tak pernah mampu lagi menyentuh partai puncak. Meski demikian, Fiorentina sempat mereguk sukses di turnamen kasta kedua, Piala Winners, di mana mereka sukses menjadi kampiun pada 1961.

Berikut cuplikan pertandingan Madrid vs Fiorentina:



(ACF)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA