Android M Hadirkan Multi-window Mode dan Split Keyboard

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 30 May 2015 11:04 WIB
google
Android M Hadirkan Multi-window Mode dan Split Keyboard
Split keyboard, fitur baru dalam Android M.

Metrotvnews.com: Jika Anda pernah menggunakan iPad, Anda pasti familiar dengan fitur split keyboard di mana Anda dapat "membelah" keyboard, sehingga kedua bagian dari keyboard tersebut akan terletak lebih dekat dengan jari jempol Anda. Fitur tersebut sangat berguna, dan tampaknya, Google berencana untuk menambahkan fitur ini ke dalam Android M.

Belum lama ini, Google telah meluncurkan Android M. Meskipun begitu, mereka tidak menjelaskan secara detail perubahan apa saja yang akan mereka buat. Untungnya, sebuah video milik Tim Schofield, yang dapat Anda lihat di bawah ini, menunjukkan beberapa perubahan yang Google buat pada OS terbaru mereka. Dan salah satu fitur baru yang dia tunjukkan adalah fungsi split keyboard.

Fungsi dari fitur ini sama dengan fitur serupa yang ada pada iPad. Sayangnya, saat ini, Google baru menyediakan fitur ini khusus untuk tablet. Jadi, bagi Anda yang menggunakan phablet, Anda mungkin harus menunggu hingga Google memasukkan fitur ini ke dalam phablet.

Selain fitur split keyboard, Google juga memperkenalkan sebuah mode baru bernama multi-window mode. Saat ini, fitur ini merupakan sebuah fitur tersembunyi yang hanya dapat diakses jika Anda mengaktifkan opsi pengembang. Seperti namanya, mode ini memungkinkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi pada saat yang bersamaan.

Sebenarnya, fitur seperti ini sudah disediakan oleh beberapa vendor seperti Samsung. Meskipun begitu, langkah Google untuk menjadikan fitur ini sebagai fitur natif Android adalah langkah yang baik. (Ubergizmo)

Inilah video dari Tim Schofield.

 


(ABE)