Pemakai Lensa Kontak Wajib Tahu!

   •    Sabtu, 30 May 2015 13:47 WIB
kesehatan
Pemakai Lensa Kontak Wajib Tahu!
Foto: telegraph.co.uk

Metrotvnews.com: Penggunaan lensa kontak yang tidak baik dan kurang bersih ternyata bisa menyebabkan kebutaan. Dilansir oleh Daily Mail, Jessica Greaney mengalami infeksi pada matanya. Dalam sepekan, matanya memerah dan membengkak sampai sebesar bola golf.

Setelah dirawat di rumah sakit, dokter mengungkapkan bahwa pada bola mata Jessica terdapat parasit Acanthamoeba Keratitis. Pemakai lensa kontak punya risiko tertinggi terkena jika mereka membersihkan lensa dengan air keran, memakai lensa saat berenang dan mandi.

Dalam kasus Jessica, pada lensa kontaknya diperkirakan terdapat percikan air keran. Untungnya, wanita berusia 18 tahun ini dapat diselamatkan dari kebutaan karena segera mendapatkan pertolongan medis yang intensif.

"Mata saya dijepit agar tetap terbuka untuk menghindari gesekan lapisan jaringan. Tentu saja air mata saya sering menetes," paparnya saat menjelaskan pengobatan yang dijalaninya.

Pada kejadian yang menimpa Jessica ditemukan bahwa parasit Acanthamoeba Keratitis terjebak diantara mata dan lensanya. Hal ini yang meningkatkan pertumbuhan bakteri pada lensa dan membuatnya berkembang biak dengan cepat.

Melihat kasus yang menimpa Jessica Greaney, diharapkan menjadi pembelajaran bagi para pemakai lensa kontak. Selalu mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak, dan tidak memakai lensa kontak saat mandi.

Selain bisa menyebabkan kebutaan, Acanthamoeba Keratitis juga bisa menyebabkan peradangan, rasa sakit dan gangguan penglihatan. Dari sekarang, jagalah kebersihan sebelum memakai lensa kontak.  (Sumarni)


(AWP)