Bulog Sulteng Tingkatkan Pembelian Beras Petani

Antara    •    Sabtu, 30 May 2015 14:56 WIB
bulog
Bulog Sulteng Tingkatkan Pembelian Beras Petani
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Palu: Kepala Bulog Sulawesi Tengah (Sulteng) Mar'uf mengaku akan terus meningkatkan kegiatan pembelian beras petani selama dua pekan terakhir ini. Bulog Sulteng memanfaatkan kesempatan tersebut karena pedagang dari luar daerah tidak masuk ke daerah ini.

"Sudah berlangsung dua pekan ini, tidak ada pedagang dari Manado dan Gorontalo yang datang ke Sulteng membeli beras petani," katanya, di Palu, Sabtu (30/5/2015).

Ia mengatakan, para pedagang dari dua provinsi tetangga Sulteng itu tidak masuk ke wilayah Sulteng karena di daerah mereka sedang berlangsung panen raya. Sebelum tiba panen raya, setiap hari para pedagang dari Manado dan Gorontalo datang nmembeli beras petani di Sulteng.

"Jadi pedagang dari Manado dan Gorontalo lebih memilih menyerap produksi lokal, tentu harganya akan lebih rendah dibandingkan jika membeli beras petani Sulteng," jelasnya.

Mar'uf mengatakan, dengan tidak masuknya pedagang luar, Bulog sedikit lega untuk melakukan pembelian langsung ke penggilingan dan juga petani. Otomatis, para petani dan pengusaha penggilingan padi akan menjual beras kepada Bulog karena tidak ada pedagang luar yang membeli.

Kesempatan ini, katanya, harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh Bulog agar bisa menyerap produksi petani lokal lebih banyak lagi.

Bulog Sulteng membeli beras dari petani sesuai harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp7.300 per kg atau naik dibanding HPP sebelumnya yang hanya Rp6.600 per kg.

Pada 2015 ini, Bulog Sulteng ditargetkan membeli beras petani sebanyak 32 ribu ton, target itu turun dibandingkan sebelumnya yang sebanyak 36 ribu ton. Sementara realisasi pembelian hingga per 27 Mei 2015 sudah mencapai 11.300 ton.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA