Ingin Picu Kerusuhan Sektarian, ISIS Serang Masjid Arab Saudi

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 30 May 2015 17:50 WIB
arab saudi
Ingin Picu Kerusuhan Sektarian, ISIS Serang Masjid Arab Saudi
Masjid di Dammam yang diserang ISIS (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Riyadh: Serangan bom kembali dialami sebuah masjid di Arab Saudi. Kali pelaku bom bunuh diri melakukan aksinya di Kota Dammam.

Ledakan terjadi di saat seorang pria memaksa untuk masuk ke dalam masjid, ketika berlangsung Salat Jumat. Akibatnya, empat orang tewas dalam kejadian ini. 

"Pelaku meledakkan bom di pelataran parkir setelah dihentikan oleh petugas keamanan," ujar pihak keamanan Arab Saudi, seperti dikutip Morning Star, Sabtu (30/5/2015).

Kota Dammam berada sekitar 40 kilometer dari Qatif, yang sempat pula dihantam serangan bunuh diri. Serangan bunuh diri yang berlangsung pekan lalu, menyebabkan 21 orang tewas.

Kelompok Islamic State (ISIS) mengaku berada di balik ledakan di Qatif. Namun untuk ledakan di Dammam, ISIS mengakui bahwa pelaku penyerangan sebagai prajurit kalifah. 

Militan yang kini menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah tersebut, menyebut Abu Jandal al-Jazrawi sebagai pelaku serangan

ISIS sejak lama mengincar Arab Saudi sebagai target serangannya. Beberapa wilayah yang dijadikan target kali ini, jaraknya tidak jauh dari daerah operasional ISIS.

Strategi serangan bom ini ditujukan kepada masjid yang biasa menjadi tempat ibadah umat Muslim Syiah. Menurut pengamat, strategi ini ditujukkan untuk memicu kekerasan sektarian di Arab Saudi. 

Taktik ini sama dilakukan oleh ISIS di Irak dan Suriah. Terlebih lagi dengan status Arab Saudi, sebagai anggota pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang bertujuan untuk melakukan seranagn terhadap ISIS.




(FJR)