FIFA Jatuhkan Sanksi, Indonesia Tetap Tampil di SEA Games

Patrick Pinaria    •    Sabtu, 30 May 2015 19:30 WIB
fifapssi
FIFA Jatuhkan Sanksi, Indonesia Tetap Tampil di SEA Games
Presiden FIFA Sepp Blatter berpidato usai menggelar rapat pertama di Zurich, Sabtu (30/5) (Foto: AP/Ennio Leanza)

Metrotvnews.com, Zurich: Sanksi FIFA untuk sepak bola Indonesia akhirnya turun. Kepastian itu didapat setelah induk sepak bola dunia tersebut melakukan rapat pertama dengan Komite Eksekutif FIFA di Zurich, Sabtu 30 Mei.

Hanya selang sehari usai kongres, FIFA mengadakan rapat untuk membahas rencana utama mereka yaitu alokasi slot untuk peserta Piala Dunia 2018 dan 2020. Hal itu dibahas bersama Presiden FIFA Sepp Blatter bersama anggota baru Komite Eksekutif FIFA.

Namun, dalam pertemuan tersebut, FIFA juga membahas sanksi untuk Indonesia yang sudah dicanangkan pada awal Mei lalu. Berdasarkan keputusan rapat, Komite Eksekutif FIFA memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI).

Keputusan ini diambil FIFA setelah PSSI mendapat larangan aktivitas dari pemerintah Indonesia menyusul SK Pembekuan Menpora tertanggal 17 April lalu. FIFA menganggap hal tersebut sebagai intervensi pemerintah dan melanggar statuta pasal 13 dan 17 yang berisikan Independen Keanggotaan.



Sesuai yang dikatakan Wakil Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan sebelumnya, sanksi itu akan dicabut jika SK Pembekuan tersebut dapat dicabut. (Baca juga: PSSI Klaim FIFA Resmi Jatuhi Sanksi)

Namun, Indonesia masih bisa bernapas lega meski sudah mendapat sanksi tersebut. Pasalnya, FIFA tetap memberi ijin untuk timnas Indonesia U-23 tampil di SEA Games 2015 Singapora yang dimulai 2 Juni mendatang.

Hal itu sesuai bunyi pernyataan di laman resmi FIFA. Bahwa FIFA memberikan pengecualian bagi Indonesia berkompetisi di SEA Games 2015 di Sungapura. (Fifa.com)


(PAT)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA