Memanusiakan Anak Lewat Taman Ramah Anak

LB Ciputri Hutabarat    •    Sabtu, 30 May 2015 21:04 WIB
taman
Memanusiakan Anak Lewat Taman Ramah Anak
Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo

Metrotvnews.com, Jakarta: Program Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang dijalankan pemerintah DKI Jakarta dinilai sebagai bentuk memanusiakan anak. Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo mengatakan, hal ini yang sudah diinginkan masyarakat.

"Hari ini kita melihat ruang publik ini sebagai bentuk anak-anak yang diorangkan. Anak-anak bisa menggunakan taman ini sebagai ruang interaksi," kata Imam di RPTRA Taman Kenanga, Jakarta Pusat, Sabtu (30/5/2015).

Imam menuturkan, ruang terbuka publik yang ramah anak telah lama menjadi keinginan masyarakat sejak dulu. Bahkan pemerintah DKI mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pembangunan taman ini.

"Saya enggak hanya berbangga dengan hasil diperoleh. Namun juga diprosesnya, masyarakat diajak bicara dalam pembangunan ini. Mereka ikut merancang, ikut berdebat dan berargumen sampai diresmikan masyarakat diberi tempat," ungkapnya.

Imam juga menekankan kepada warga yang hadir agar masyarakat benr-benar memanfaatkan taman yang sudah dibangun ini.

"Jadikan ruang publik terbuka jadi bagian kita saling mengenal sesama warga. Dan yang paling penting, warga tak jadi objek, tapi subjek ikut terlibat," tutupnya.


(SUR)