Demi Sanksi, Tim Transisi dan PSSI Diharapkan Dapat Bekerja Sama

Patrick Pinaria    •    Sabtu, 30 May 2015 22:21 WIB
liga indonesiapssi dibekukankisruh pssi
Demi Sanksi, Tim Transisi dan PSSI Diharapkan Dapat Bekerja Sama
Wakil Ketua Umum PSSI bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi untuk berdiskusi SK Pembekuan di Istana Wapres (Foto: MI Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: FIFA resmi menjatuhkan sanksi terhadap Indonesia. Pengamat sepak bola Indonesia, Mohamad Kusnaeni berharap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Tim Transisi bentukan Kemenpora dapat bekerja sama untuk memperjuangkan pencabutan sanksi tersebut.

"Sanksi itu harus diterima dengan baik. Tidak hanya oleh PSSI, tapi juga pemerintah dan tim transisi. Saya berharap keduanya bisa bersama-sama berdiskusi soal ini agar sanksi tersebut bisa dicabut kembali," kata pria yang disapa BungKus itu pada acara Primetime News, di Metro TV, Sabtu (30/5).

"Kuncinya adalah bagaimana Kemenpora dan Tim Transisi seharusnya bekerja sama dengan PSSI. Berkomunikasi dengan FIFA dan menyikapi persoalan ini dan menjelaskan sesungguhnya apa yang terjadi kepada FIFA," sambungnya.

"Kemudian mendiskusikan apa langkah-langkah yang akan dilakukan agar sanksi ini bisa dicabut pada akhirnya. Karena dalam sejarahnya, sanksi FIFA itu tidak berusia sama, ada yang lebih dua tahun atau hanya setahun. Tapi ada juga dalam hitungan hari," ujar Kusnaeni.

Sanksi FIFA terhadap Indonesia merupakan efek dari kisruh PSSI dan Kemenpora belakangan ini. Terutama pada tindakan Kemenpora yang melakukan langkah pembekuan terhadap PSSI dan membentuk Tim Transisi.

Tindakan Kemenpora ini ternyata dinilai FIFA sebagai intervensi pemerintah terhadap keanggotaannya. FIFA pun bersikap tegas untuk menjatuhkan sanksi kepada PSSI dengan mencabut keanggotaannya dalam waktu yang ditentukan.

Itu artinya, Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi baik di luar maupun dalam negeri sesuai ketentuan sanski yang dijatuhkan FIFA. Namun, FIFA memberikan pengecualian untuk timnas U-23 yang saat ini sudah berangkat ke Singapura. Mereka dipastikan tetap bisa tampil di SEA Games.



(PAT)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA