Stabilkan Harga Pangan, Mendag-Mentan Harus Satukan Visi

LB Ciputri Hutabarat    •    Minggu, 31 May 2015 10:24 WIB
pangan
Stabilkan Harga Pangan, Mendag-Mentan Harus Satukan Visi
Mendag Rachmat Gobel bersama Mentan Amran Sulaiman saat meninjau harga di pasar. ANTARA FOTO/Jafkhairi

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi IV DPR Firman Subagyo menilai pemerintah masih belum memiliki kesamaan visi untuk menstabilkan harga pangan. Menurut Firman, perbedaan pandangan ini dinilai menjadi penghalang berhasilnya sebuah kebijakan, terkhusus kebijakan harga pangan.

"Persoalan pangan serius, harus ada kebijakan yang terintegrasi. Tapi saya lihat syahwatnya Menteri Pertanian (Mentan) swasembada pangan, tapi syahwatnya Menteri Perdagangan (Mendag) ada impor sebesar-besarnya, kan jadi ini enggak ketemu. Jadi harus disamakan dulu," kata Firman pada program Bincang Pagi Metro TV, Minggu (31/5/2015).

Oleh karena itu, Firman mengimbau, untuk menstabilkan harga pangan, Mentan harus bisa bekerja sama dengan institusi lain. Ia mencontohkan Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang bekerja di bawah Bank Indonesia (BI) dapat digandeng untuk mengawal inflasi karena tak stabilnya harga pangan.

"Pengawasan ini bisa disinkronkan dengan TPID, kan TPID berfokus pada ranah daerah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," tambah dia.

Apalagi, ujarnya, jika ditambah dengan mempunyai program layanan pengaduan. "Jadi, kalau ada pedagang pelaku usaha yang menjual beras di luar HPP dan HET bisa dibuat pengaduan," pungkas dia.


(AHL)