Kemenhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik

Pythag Kurniati    •    Minggu, 31 May 2015 12:11 WIB
mudik lebaran 2015
Kemenhub Antisipasi Lonjakan Penumpang Mudik
Foto: Direktur LLASDP Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan dan Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Sahattua P. Simatupang/MTVN_Pythag Kurnia

Metrotvnews.com, Solo: Direktorat Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (LLASDP) Kementerian Perhubungan antisipasi lonjakan penumpang pada Lebaran 2015. Sebab Lebaran tahun ini bertepatan dengan libur panjang sekolah.

Direktur LLASDP Kementerian Perhubungan Eddy Gunawan mengaku sudah menyiapkan jauh hari sebelumnya. Pihaknya tak hanya mengantisipasi lonjakan pemudik, melainkan keluarga dan anak-anak yang ingin menghabiskan waktu libur ke sejumlah daerah.

"Sebelum puasa saya akan inspeksi ke 8 lintasan. Hari ini, pak Dirjen melakukan inspeksi untuk persiapan infrastruktur jalan. Tadi juga sampai ke Merak mungkin juga ke Brebes dan dilanjut Minggu. Kami kejar-kejaran dengan waktu, tapi kami pastikan sebelum memasuki Lebaran, sarana dan prasarana sudah siap," kata Eddy Gunawan saat ditemui wartawan usai rapat koordinasi nasional di Hotel Sahid Jaya, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/05/2015) sore.

Eddy mengatakan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginstruksikan jajarannya untuk memantau arus mudik Lebaran 2015 dengan rentang waktu yang lebih panjang. Pantauan akan difokuskan 15 hari sebelum dan sesudah Idul Fitri.

"Kalau kapasitas, saya kira tidak ada masalah. Tapi kalau kemacetan itu masih menjadi tantangan terbesar kita," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Sahattua P. Simatupang mengatakan pihaknya akan mengawasi arus mudik angkutan laut melalui tiga fase.

"Kami akan melakukan uji petik dan pemeriksaan persiapan angkutan lebaran dengan tiga fase. Fase pertama adalah simpatik yakni mengingatkan. Satu minggu kemudian fase simpatik memastikan. Fase berikutnya menindak tegas kalau tidak mengikuti (imbauan) itu. Tanggalnya nanti secara serentak seluruh Indonesia tanggal 11, 18, 25 Juli. Nanti ada tim dari pusat dan dibantu tim dari UPT2," kata Sahattua.

Sahattua mengatakan ketiga fase itu akan dikonsentrasikan di seluruh pelabuhan penyeberangan di Indonesia. Khususnya di pelabuhan dengan jumlah penumpang yang tinggi.


(TTD)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA