Jepang Diminta Tetap Waspada Setelah Gempa 7,8 SR

Willy Haryono    •    Minggu, 31 May 2015 13:40 WIB
gempa bumi
Jepang Diminta Tetap Waspada Setelah Gempa 7,8 SR
Pakar kegempaan Koji Nakamaru dalam konferensi pers gempa 7,8 SR di Tokyo, Jepang, Sabtu (30/5/2015). AFP / KAZUHIRO NOGI

Metrotvnews.com, Tokyo: Sejumlah seismolog mengingatkan Jepang untuk tetap waspada terhadap kemungkinan "Gempa Besar" setelah diguncang gempa 7,8 Skala Richter pada Sabtu malam. 

Gempa 7,8 SR tersebut diduga dapat menjadi pertanda area sekitar Jepang sedang memasuki "fase aktif perubahan lempeng bumi."

"Saya dapat mengatakan Jepang berada dalam fase aktif saat ini," tutur Toshiyasu Nagao, kepala Pusat Riset Prediksi Gempa di Universitas Tokai, seperti dikutip AFP, Minggu (31/5/2015). 

"Mempertimbangkan lokasi geografi Jepang, kami dapat menyebut aktivitas belakangan ini relatif normal, tapi terlalu hening. Kita harus selalu waspada karena gempa berintensitas tinggi dapat mengguncang kapan pun di masa mendatang," sambung dia.

Kazuki Koketsu, profesor Institut Riset Gempa Bumi di Universitas Tokyo, berpendapat gempa 7,8 SR pada malam kemarin kemungkinan besar bukan pertanda akan adanya gempa besar di ibu kota Negeri Sakura. 

"Namun gempa tersebut juga dapat dijadikan kesempatan dalam mempersiapkan diri untuk gempa bumi mendatang," ungkap Koketsu pada TV Asahi. 

Jepang berlokasi di pertemuan empat lempeng tektonik dan mengalami sekitar 20 persen dari gempa bumi terkuat per tahun. 



(WIL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA