Mengapa Orang Cenderung Makan Berlebihan Saat Stres?

   •    Minggu, 31 May 2015 16:10 WIB
kesehatan
Mengapa Orang Cenderung Makan Berlebihan Saat Stres?
Orang yang bersifat impulsif cenderung makan berlebihan saat stres (Foto:Corbis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang yang memiliki sifat impulsif (bersifat cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati), cenderung makan secara berlebihan saat sedang stres. Mereka juga bertindak gegabah dan mungkin akan berpesta makanan saat mengalami perasaan buruk.

Makan berlebihan merupakan sebuah gangguan di mana seseorang merasa harus makan berlebihan secara teratur. Studi menemukan, 14 persen dari orang-orang yang tidak dapat mengendalikan makan, cenderung bertindak implusif saat emosi sedang buruk.

"Adalah sifat manusia, ingin beralih ke sesuatu yang nyaman setelah hari yang buruk. Tapi penelitian kami menemukan adanya kecenderungan bertindak gegabah saat menghadapi emosi negatif, yaitu sifat kepribadian yang dapat menimbulkan keinginan makan berlebihan," kata Profesor Kelly Klump, dari Michigan State University.

Profesor Klump mengatakan, penelitian ini memiliki implikasi penting untuk pengobatan.

"Jika kita bisa memperlakukan kecenderungan yang mendasari keinginan makan ketika merasa emosi seperti stres, kita mungkin dapat membantu ribuan orang yang menderita berbagai gangguan makan," ujarnya.

Studi yang melibatkan 600 perempuan kembar menunjukkan makan berlebihan tidak hanya terjadi karena seseorang memiliki waktu yang buruk, tetapi ada hubungannya juga dengan bagaimana sifat impulsif mereka.

"Ada kemungkinan hubungan antara makan berlebihan dan emosi negatif yang mencerminkan gangguan dalam kontrol perilaku. Mereka memilih makan berlebihan saat marah," ungkap Penulis utama penelitian Profesor Sarah Racine, dari Ohio University.

Penemuan ini telah diterbitkan dalam Journal of Eating Disorders. (Sumarni/Daily Mail)


(ROS)